Bertempat di ruang rapat kampus 1 Universitas Muhammadiyah Bengkulu hari ini Senin 29 Januari 2024, Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu melalui Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama melepas secara resmi  6 (enam ) mahasiswa Fakultas Pertanian dan Pertenakan (FPP) untuk mengikuti student exchange di Khon Kaen University, Thailand selama satu bulan. Kegiatan ini berlangsung 29 Januari hingga 28 Februari 2024 dengan model perkuliahan di kelas dan studi lapangan.

Dekan PPP-UMB Dr. Novi Kurniati, M.P mengatakan kegiatan student exchange ini berjalan sejak 2018 dan telah memberikan efek positif bagi mahasiswa dan lulusan FPP khusunya. “antusias mahasiswa mengikuti program ini sangat tinggi, terbukti tahun ini kita memberangkatkan 6 mahassiwa sementara tahun lalu kita hanya memberangkatkan 3 mahasiswa atau meningkat seratus persen. Dari program ini mahasiswa akan mendapatkan wawasan dan merasakan atmosfir kompetitif, skill dan keilmuan dari perkuliahan di luar negeri sehingga nantinya mahasiswa dapat mengaplikasikannya dalam penuntasan perkuliahan di UMB.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kerjasama Dr. Onsardi, MM menyambut baik program ini. “program internasionalisasi kampus kedepan makin terus kita gaungkan, student exchange, magang internasional, PPL dan KKN internasional akan terus didorong untuk meningkatakan wawasan global bagi mahasiswa dan lulusan UMB”, tegas Onsardi. Lebih lanjut dia berharap kedepan semua program internasionalisasi terkoordinasi melalui kantor urusan luar negeri. “internasionalisasi adalah tantangan dan kita mesti menyiapkan SDM yang bisa mensupport kegiatan tersebut guna mencapai harapan kampus menjadi Unggul di masa depan. Adapun 6 mahasiswa peserta student exchange KKU-Thailand adalah Naifa, Veti Setiyawati, Iin Sakinah, Andras, Astri Rahma dan Muhammad Fahrul Rozi. Semua mahasiswa peserta student exchange akan berada di Khon Kaen University selama satu bulan. “Program ini sangat penting bagi mahasiswa guna meningkatkan wawasan global dan fakultas mengkonversi kegiatan ini sebanyak 9 sks sehingga mahasiswa yang mengikuti program ini studinya tidak akan terganggu dan justru berhemat dalam perkuliahan tertentu baik dari sisi pembiayaan maupun waktu studinya”, terang Dekan diakhir sesi kegitan pelepasan ini. (Soleh)