Buku adalah jendela dunia. Interaksi manusia dengan buku yang dikenal dengan istilah literasi mendorong manusia terus berinovasi menghadirkan buku atau bahan bacaan lain yang disukai masyarakat dan membangkitkan minat baca dan tulis. Minat baca dan tulis sangat dipengaruhi oleh kecukupan bahan bacaan yang tersedia di perpustakaan convensional maupun online library.  UMBPers  sebagai salah satu unit yang ada di UM Bengkulu dengan fungsi sebagai media penerbit tulisan, paper maupun bahan ajar para dosen akan terus meningkatkan profesionalitasnya guna menghadirkan buku ajar dan bahan bacaan yang bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat umum.

Bertempat di gedung Ahmad Dahlan, UMBPers pada 7-8 Februari 2024 adakan Workshop Penyusunan Buku Ajar, Referensi dan Monografi Berbasis Riset Standar ISBN. Acara yang dihadiri oleh Pimpinan UM Bengkulu, UMBPers, dosen dan pimpinan 28 program studi. “UMBPers pertama kali lahir tahun 2014 di kampus 2 di lantai dasar kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu”, terang Mukhlizar, M.I.Kom selaku Direktur UMBPers. Mukhlizar berharap nantinya setiap program studi dapat menerbitkan buku ajar minimal satu judul buku. “Universitas akan membiayai proses penerbitan buku ajar ini dan kedepan kehadiran UMBPers dengan karya tulisan dosen UM Bengkulu dapat meningkatkan kreativitas dosen dalam menulis yang akan berimbas pada peningkatan point akreditasi institusi”, papar Dosen Ilmu Komunikasi ini dalam sambutannya. 

Hasil karya dimaksud akan diterbitkan oleh umbpress  dan dibiayai penuh oleh UM Bengkulu, karya tersebut sebagai penunjang akademik dan diharapkan menjadi kredit point untuk akreditasi institusi

Sementara itu Wakil Rektor III, Drs. Surohim, M. Si dalam sambutannya menyebut kegiatan workshop ini mesti menjadi inspirasi dan motivasi dosen dalam menghasilkan karya tulisan. “Dengan target minimal satu judul buku setiap program studi setahun sekali, maka akan dihasilkan minimal 28 judul buku setiap tahunnya”, jelas Surohim. Kita terus mendorong usaha-usaha kreatif dosen dalam menyediakan buku bahan ajar berbasis riset dan penelitian sehingga bahan ajar dan bahan bacaan ini akan jadi referensi bagi mahasiswa guna penelitian berikutnya tambah Surohim. Hadir dalam workshop ini Dr. Amirullah dari Universitas Panca Marga, Andi Azhar, P.hD dosen Febi dan Dr. Merri Sri Hartati, M.Pd dosen program studi UM Bengkulu selaku narasumber.  Dalam paparannya Dr. Amirullah menyebut, “Karya buku atau bahan ajar akan meningkatkan diri sebagai dosen, jurusan, Falkuktas, maupun universitas serta akan berkontribusi pada peningkatan nilai akreditasi institusi”. Lebih jauh dia menyebut buku merupakan pengenalan diri kita pada dunia bahwa kita adalah ahli dalam bidang yang kita tulis serta memastikan diri kita pada produktif dan kreatif dalam menghasilkan karya. Tanggapan antusias diberikan salah satu peserta workshop Eti Efrina, M.Hum, “Kegiatan ini jadi motivasi bagi dosen untuk segera menyelesaikan draf tulisan yg sudah ada, dengan harapan agar dapat diterbitkan” terang Kaprodi Komunikasi Penyiaran Islam ini. Tak lupa dia berharap kegiatan ini terus diselenggarakan berkelanjutan di masa mendatang.