Humas UM Bengkulu – Universitas Muhammadiyah Bengkulu menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Ke-2 Asosiasi Program Studi Magister Manajemen Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (APSMM PTMA) yang digelar hari ini (27/12/2023) di Aula Hasan Din Kampus 4 UM Bengkulu.

Dekan FEB UM Bengkulu Furqonti Ranidiah, S.E., M.M. dalam sambutannya mengatakan panitia telah memaksimalkan kesiapan pelaksanaan kegiatan Rakernas APSMM PTMA di UM Bengkulu dan diharapakan peserta dapat dengan nyaman mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Rakernas sehingga dapat merumuskan permasalahan-permasalahan yang ada pada PSMM PTMA dan merumuskan program kerja untuk kemajuan APSMM PTMA Indonesia di masa yang akan datang.

Rakernas APSMM PTMA Ke-2 Tahun 2023 ini mengangkat tema APSMM-PTMA Indonesia menyikapi kurikulum berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 53 Tahun 2023 untuk Program Magister Manajemen Berkemajuan. Ketua APSMM PTMA, Suryo Budi Santoso, SE., M.SA., Ph.D mengatakan pada Rakernas kali ini terdapat nara sumber yang menyampaikan materinya secara daring, hal ini menjadi momentum APSMM PTMA untuk lebih berkemajuan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Seperti diketahui bahwa Implementasi Peraturan Menteri Nomor 53 Tahun 2023 akan dilaksanakan pada tahun 2025, namun Suryo berpendapat Muhammadiyah harus segera mempersiapkan diri, agar PSMM PTMA dapat lebih siap, lebih matang dan lebih cepat menjadi program studi yang dapat diandalkan. Kepada peserta Rakernas dirnya mengharapkan agar dapat saling memacu, saling terbuka dan bantu membantu antar PSMM PTMA.

Suryo juga tidak lupa memberikan apresiasi kepada Tim Program Studi Magister Manajemen UM Bengkulu, menurutnya dengan melihat tata pelaksanaan kegiatan dan pelayanan yang diberikan kepada para peserta, menunjukan tuan rumah UM Bengkulu layak menyandang akreditasi unggul dengan sedikit catatan yaitu menambahkan point pada aspek internasionalisasi. Dirinya berharap PSMM UM Bengkulu dapat menjadi leading university bagi perguruan tinggi yang ada di Provisi Bengkulu.

Rektor UM Bengkulu melalui Wakil Rektor Bidang Akademik Drs. Kasmirudin, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas ditunjuknya UM Bengkulu sebagai tuan rumah Rakernas APSMM PTMA ke-2 tahun 2023. Menurutnya tantangan perguruan tinggi ke depan akan semakin sulit, sehingga perguruan tinggi harus merespon perubahan ini, salah satu antisipasinya dengan mengupayakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, kolaborasi perguruan tinggi dengan industri untuk menciptakan ekosistem kreatif dengan ide-ide inovasi yang selalu berkembang.

Kasmirudin menambahkan bahwa Rakornas APSMM PTMA menjadi sangat penting untuk membangun networking, kekuatan membuat perubahan dan kemajuan dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Dengan mengutip Q.S. As-Shaf ayat 4, dirinya berharap Rakernas ini akan menghasilkan pemikiran-pemikiran dan terobosan-terobosan baru untuk kemajuan PSMM PTMA.

Kegiatan yang disponsori oleh Bank Indonesia, Bank Syariah Indonesia, Bank Mega Syari’ah, Toko Kue Syarah Bakrie, ICE Bakrie dan Warung Makan Bang Juned ini diakhiri dengan Pengalungan Syal kepada peserta secara simbolis oleh Dekan FEB UM Bengkulu kepada peserta Rakernas yang diwakili Suryo Budi Santoso, SE., M.SA., Ph.D dari UM Ketua APSMM sekaligus peserta dari UM Purwokerto dan Dr. Hadiah Fitriyah, SE., M.Si peserta dari UM Sidoarjo, didampingi oleh Wakil Rektor I dan Wakil Rektor II UM Bengkulu.

Berikut ini Daftar Peserta Rakernas APSMM PTMA Ke-2 Tahun 2023:

  1. Suryo Budi Santoso, SE., M.SA., Ph.D (UM Purweokerto)
  2. Dr. Hadiah Fitriyah, SE., M.Si (UM Sidoarjo)
  3. Dr. Arni Surwanti, M.Si. (UM Yogyakarta)
  4. Dr. Abadi Sanosra, SE, SH, MM, M.Si (UM Jember)
  5. Dr. Toni Herlambang, SE.,MM ( UM Jember)
  6. Dr. Erlinda, S.E., M.Si. (UM Aceh)
  7. Dr. Rahmat Agus Santoso, S.E.,M.M. (UM Gresik)
  8. Dr. Fenty Fauziah, M.Si., Ak., CA ( UM Kalimantan Timur)
  9. Retno Widowati PA, Ph.D. (UM Yogyakarta)
  10. Dr. Meilaty Fhinthariasari, S.E., M.M (UM Bengkulu)
  11. Muhammad yani, M.M ( UM Sidoarjo)
  12. Dr. Choiriyah, S.E.,M.Si (UM Palembang)
  13. Dr. Fadhil Yamaly, S.E., Ak, M.M (UM Palembang)
  14. Dr. Fajar Pasaribu SE., M.Si ( UM Sumatra Utara
  15. Dr. H. Dudung Hadiwijaya, MM (UM Tangerang)
  16. Dr. Ismail (UM Tangerang)
  17. Drs. Wiyadi, MM, Ph.D (UM Surakarta)
  18. Muhammad sholahuddin, P.hD ( UM Surakarta)
  19. Dr. Ir. Djoko Soelistya. M.M, CPHCM, CHRMP (UM Gresik)
  20. Ikbal Ramzani P, S.E., M.E. (UM Aceh)