Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UM Bengkulu) merupakan perguruan tinggi swasta terbesar di provinsi Bengkulu. Memiliki 8 (delapan) Fakultas dan 23 (Dua puluh tiga) program studi yang terdiri dari  program Sarjana, profesi dan magister. Antusias masyarakat terhadap UM Bengkulu terus terjaga dan meningkat setiap tahunnya. Inovasi dan pembaharuan selalu dilakukan UM Bengkulu guna memastikan lulusannya terampil dan siap menghadapi tantangan zaman. Dalam hal penguatan akdemik UM Bengkulu terus melalukan inovasi dan penyempurnaan setiap waktu sehingga proses pembelajaran semakin membaik dari sarana dan prasaranya. Ragam program pembelajaran terus dikembangkan oleh UM Bengkulu. Terbaru UM Bengkulu bersama 60 (enam puluh) Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia memperoleh bantuan dalam penyelenggaran program RPL.

RPL, terang sekretaris program Man Hakim, M.Pd merupakan program Kemendikbudristek Dikti yang memberi pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, non formal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kulifikasi tertentu. “Alhamdulillah UM Bengkulu telah dapat bmenjalankan program ini dan kita siap menerima mahasiswa program RPL ini di 21 (dua puluh satu) program studi”, jelas Man Hakim. Lebih rinci Man Hakim memastikan program RPL ini memberikan kemudahan bagi para pekerja yang belum menuntaskan pendidikan formalnya setingkat sarjana, namun secara keahlian dan pengalaman mereka telah terjun kedua kerja yang relevan. “Jumlah SKS yang dapat direkognisi dari pengalaman yang dimiliki pekerja akan sangat berpengaruh pada lamanya studi yang akan mereka tempuh”, ungkapnya. Rekognisi berdasarkan pengalaman kerja terang Man Hakim mesti diselaraskan dengan pilihan program studi yang akan diambil oleh mahasiswa program RPL sehingga jumlah sks yang bisa direkognisiakn dengan pengalaman semakin banyak. “Saya berharap mahasiswa yang mengambil program RPL ini berkonsultasi dengan pengelola program RPL UM Bengkulu sehingga jumlah sks yang dapat di akauii sebagai rekognisi pembelajaran lampaunya banyak sehingga akan mempercepat tuntasnya studi mereka”, terangnya.

Ditanya soal program studi yang menerima program RPL, Man Hakim menyebut 21 program studi di UM Bengkulu siap menerima mahasiswa program ini. “Alhamdulillah kesiapan kita di 21 program studi sudah sangat siap menerima para pakerja yang telah berpengalaman dan relevan dengan program studi miliki di program RPL dan kita berharap mahasiswa yang akan menempuh program ini selalu berkonsultasi terlebih dahulu program studi apa yang tepat bagi mereka agar ketuntasan studi mereka bisa diplanningkan dari awal”, harap Man Hakim. Bagi calon mahasiswa yang membutuhkan informasi lebih lanjut soal program RPL berikut kontak person yang dapat dihubungi 0812-7387-744 dan 0877-9637-3442”, tambahnya.      

Kirim Pesan
Selamat ya sob, kamu sudah terhubung dengan admin Universitas Muhammadiyah Bengkulu, segera kirim pesanmu ya sob dan tim kami akan segera membalas.