Bengkulu, 31 Mei 2023 – Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UM Bengkulu) bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu meluncurkan program inovatif “Sedekah Sampah” yang bertujuan untuk mendukung Universal Health Coverage. Workshop dan program matching fund program ini diadakan di aula Gedung HD, Lantai 6, Kampus 4 Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu, Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Camat dan Lurah se-kota Bengkulu, serta Kepala Bank Sampah se-Kota Bengkulu.

Acara dimulai dengan laporan Ketua Matching Fund, Ibu Dr. Henni Febriawati, SKM, Mars, yang menjelaskan secara sistematis tentang proses implementasi program Sedekah Sampah saat turun ke lapangan. Kemudian, Bapak Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Dr. Susiyanto, M.Si, memberi sambutan dan membuka resmi acara workshop dan program Matching Fund ini. Beliau berharap kegiatan ini akan menjadi awal dari kerja sama yang erat antara Universitas Muhammadiyah Bengkulu dan Dinas Lingkungan Hidup dalam mewujudkan program Sedekah Sampah ini. Bapak Rektor juga menghimbau bahwa Universitas Muhammadiyah Bengkulu siap untuk membantu dan bekerjasama.

Selanjutnya, Bapak Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu, Bapak Drs. Riduan, S.IP, M.Si, menyampaikan materi dengan penuh dedikasi dan antusiasme. Beliau mengapresiasi program ini dan menyampaikan harapannya agar program Sedekah Sampah dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Bengkulu. Acara diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama oleh para Camat, Lurah, dan mitra-mitra yang terlibat dalam program ini.

Program Sedekah Sampah merupakan inovasi yang menarik dan bertujuan untuk mencapai Universal Health Coverage. Dalam program ini, masyarakat diajak untuk mendaur ulang sampah dengan cara yang tepat dan bermanfaat, serta mengubahnya menjadi sumber daya yang bernilai. Melalui kolaborasi antara Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu, dan pihak terkait lainnya, program ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan di Kota Bengkulu.

UM Bengkulu berkomitmen untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam menciptakan solusi-solusi yang berkelanjutan untuk kesehatan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Dalam rangka mencapai tujuan ini, UM Bengkulu siap untuk menjalin kemitraan yang kuat dengan pihak terkait dan masyarakat secara luas.