Kemampuan berbahasa Asing merupakan salah satu modal yang wajib dimiliki, tak terkecuali Mahasiswa yang dituntut untuk mampu menguasi bahasa Asing salah satunya Bahasa Inggris. Melalui kegiatan Workshop On TOEFL For Students of Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang dilaksanak oleh Pusat Bahasa UM Bengkulu. Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari mulai dari tanggal 05 s.d. 07 Desember 2022 di Aula Hasan Dien Kampus IV UM Bengkulu.

Dalam kegiatan Workshop TOEFL ini di hadiri oleh Wakil Rektor 1 UM Bengkulu, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi, Kepala Biro, Lembaga, Unit, Dosen Prodi Bahasa Inggris di lingkungan UM Bengkulu dan Narasumber serta seluruh peserta Workshop.

Kegiatan Workshop TOEFL dengan tema “Accelerating Student’s English Proficiency Through TOEFL Mastery” adalah sebagai salah satu upaya yang dilakukan oleh Pusat Bahasa UM Bengkulu dalam rangka meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bagi para Mahasiswa. Sebab bahasa merupakan salah satu alat komunikasi primer dalam menyampaikan ide dan  gagasan, tak terkecuali dengan bahasa asing. Bagi Mahasiswa, kemampuan berbahasa Inggris merupakan kewajiban yang harus dimiliki, sebab kompetensi tersebut adalah sebagai modal dalam dunia kerja setelah lulus dari UM Bengkulu

Kepala Pusat Bahasa UM Bengkulu, Kiagus Baluqiah, M.Pd dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa UM Bengkulu mulai dari semester 5 keatas berdasrkan SK Rektor UM Bengkulu 2016, Workshop dan Tes Toefl gelombang ke 14 yang diikuti 650 Mahasiswa.

“Workshop ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa inggris,” jelasnya.

Workshop dibuka secara resmi oleh Drs. Kasmiruddin, M.Si selaku Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Dalam sambutannya menyampaikan di era revolusi 4.0 ini kemampuan bahasa inggris menjadi sangat penting.

“Untuk sekarang ini hampir semua aktivitas kita menggunakan Bahasa inggris jadi wajib hukumnya kita untuk menguasi bahasa inggris, dan Rektor memberikan apresiasi kepada Pusat Bahasa UM Bengkulu yang telah melakukan kegiatan ini sampai ke gelombang 14,” katanya.

Workshop dan Tes Toefl menghadirkan 2 narasumber dari luar UM Bengkulu yaitu Ramya Rachmawati, S.Si., M.Si., Ph.D merupahkan Dosen Universitas Bengkulu, Nina Desmita, M.Pd Alumni Pendidikan Bahasa Inggris UM Bengkulu merupakan senior teacher di Ruang Guru dan empat Narasumber dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UM Bengkulu, Dr. Dian Susyla, M.Pd, Yupika Maryansyah, M.Pd, Drs. Epi Wadison, M.Pd serta Agung Suhadi, M.A. (Humas)