Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) merupakan lomba tingkat mahasiswa yang mengujikan salah satu bidang kimia, fisika, biologi dan matematika. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI, Puspresnas, Kemendikbudristek). “Saat ini kita sedang menjalani seleksi online tingkat wilayah”, ungkap Rahmat Jumri, M.Pd ketua program studi Matematika UMB. Lebih rinci dia memastikan setiap tahunnya UMB selalu mengutus peserta seleksi dari prodi matematika dan biologi.

Masih menurut Rahmat Jumri, tahun ini prodi Pendidikan Matematika mengutus Izzah Afriyanti, Rafina Eka Putri, Rachmat Hidayat, Ghina Aliefia Rahma dan Ayu Tania Riski Putri. “kelima mahasiswa telah tuntas seleksi di tingkat prodi dan kita terus mensupport mereka untuk berjuang dan lolos seleksi di tingkat wialyah dan nasional”, harap Jumri. Prodi matematika UMB terangnya terus mensupport mahasiswa untuk mengikuti seleksi dan berprestasi di tingkat regional maupun nasional.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua program studi pendidikan biologi, Paryanto, M.Pd. “Setiap tahun kita mengutus mahasiswa prodi biologi UMB untuk ikut seleksi ONMIPA-PT dan tahun ini kita mengutus lima mahasiswa”, jelasnya. Kelima mahasiswa tersebut adalah Hamidillah Ridha R, Safiya Yasmin A, Maya Junita, Umu Salamah dan Revalina Mawarni. Keikutsertaan mereka terang Paryanto merupakan komitmen prodi pendidikan Biologi UMB untuk terus mendorong prestasi mahasiswa bidang akademik maupun non akademik. “Kita berharap mereka lolos seleksi nasional dan mengharumkan nama UMB dan provinsi Bengkulu”, harap Paryanto.