Universitas Muhammadiyah Bengkulu menyelenggarakan sosialisasi program peningkatan kapasitas organisasi kemahasiswaan (PPK ormawa) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, 14 Februari 2023, di ruang rapat kampus 1 Muhammadiyah. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh ormawa di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Acara dibuka langsung oleh rektor dan didampingi oleh wakil rektor 3 bidang kemahasiswaan.

Tujuan dari kegiatan PPK ormawa adalah untuk meningkatkan kemampuan softskill dan kerja sama bagi mahasiswa. Materi yang disampaikan pada acara tersebut antara lain oleh pemateri pertama, ibu Fitria Yuliana, M.I.Kom, dan pemateri kedua, Dr. Tomi Hidayat. Kedua pemateri tersebut membahas mengenai berbagai hal yang relevan dengan kegiatan organisasi kemahasiswaan, seperti manajemen organisasi, kepemimpinan, dan pengelolaan keuangan.

Selain meningkatkan softskill dan kerjasama antar anggota ormawa, PPK Ormawa juga memberikan keuntungan bagi mahasiswa yang lulus pada tingkat nasional. Mahasiswa yang lulus PPK Ormawa pada tingkat nasional akan mendapatkan dana sebesar 31 juta dan dibebaskan dari skripsi.

Kegiatan sosialisasi PPK Ormawa ini menjadi ajang yang sangat penting bagi mahasiswa untuk meningkatkan kualitas diri dalam berorganisasi dan memperluas jaringan relasi di dunia perkuliahan. Kita harapkan agar kegiatan seperti ini terus dilaksanakan agar semakin banyak mahasiswa yang memiliki kemampuan dan pengalaman di bidang organisasi kemahasiswaan. (humas)