Dosen Universitas Muhammadiyah Bengkulu mengikuti sosialisasi dan pendampingan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang diisi langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Drs. Kasmiruddin, M.Si dan dua orang dosen Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang lolos Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yakni Rio Saputra, M.Pd dan Bintang Agustina Pratiwi, MKM. Sosialisasi dan pendampingan ini dilaksanakan pada hari Senin (27/1) pukul 10.00 di Ruang Rapat Rektorat Kampus I Universitas Muhammadiyah Bengkulu.


“Dibutuhkan orang-orang yang sudah berpengalaman agar dapat mengshare informasi dan kiat-kiat dalam meraih beasiswa tersebut. Targetnya tahun ini Dosen Universitas Muhammadiyah Bengkulu ada yang mendapatkan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) bahkan berharap bisa dua kali lipat dari tahun kemarin” ujar Kasmiruddin, M.Si selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik yang memfasilitasi kegiatan ini.

Bintang Agustina Pratiwi, MKM sebagai narasumber membagi kiat-kiat serta pengalaman ketika mendaftar BPI.
“beberapa langkah yang saya lakukan diantaranya membaca panduan dengan baik, menentukan lebih dari satu universitas, mencari persyaratan yang paling mudah, melihat kuota penerimaan dan mengambil kurikulum yang baru”.


Ditambahkan lagi, harus mempersiapkan diri dalam situasi apa pun karena terkadang sebagian pewawancara ingin proposal dipresentasikan menggunakan bahasa inggris. Selain itu juga hal  lain yang harus disiapkan yakni menulis personal statement.

Selain itu juga, Rio Saputra, M.Pd ikut menambahkan bahwa hal lain yang dilakukan yakni memanfaatkan media sosial, dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi pada saat ini memudahkan kita dalam mencari informasi.
“Pada saat itu saya mengikuti semua media sosial yang berhubungan dengan beasiswa dan tidak segan-segan untuk bertanya kepada orang yang berpengalaman”.

Berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi dan pendampingan ini membuat dosen Universitas Muhammadiyah Bengkilu semakin termotivasi untuk melanjutkan studinya (humas).