Senat Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB Bengkulu) menggelar rapat membahas pertimbangan dan rekomendasi senat untuk pengusulan Dr. Irwandi, M.Pd kandidat Guru Besar diruang rapat Rektorat kampus 1, Sabtu (03/12/2022). Rapat dihadiri Ketua Senat sekaligus Rektor UM Bengkulu, Dr. Susiyanto, M.Si, Sekretaris Senat, Dr. Ahmad Dasan, S.H., M.H beserta anggota senat lainnya.

Rapat senat tersebut dibuka oleh Sekretaris Senat dengan membacakan agenda yang akan dibahas dalam rapat yaitu terkait pertimbangan senat atas pengusulan dosen untuk jabatan calon Guru Besar. Dalam sambutannya Ketua Senat meminta anggota senat memberikan perhatian sungguh-sungguh atas pengusulan dosen yang akan menjabat sebagai guru besar.

“Karena jabatan fungsional bukanlah hak, tapi anugerah yang diberikan kepada dosen terkait dengan dedikasinya dalam pengembangan caturdarma perguruan tinggi. Khusus untuk guru besar, bukan hanya akan dinilai secara tepat tentang angka kreditnya tapi juga reputasi dan kredibilitasnya dalam menjaga marwah perguruan tinggi,”. Katanya.

Terkait dengan proses administrasi, Drs. Kasmiruddin, M.Si, selaku Ketua Tim Penilai Perhitungan Angka Kredit untuk jabatan fungsional Guru Besar mengatakan bahwa tim sudah bekerja secara maksimal untuk menghitung, meskipun masukan tentang integritas dan etika sang dosen harus dinilai juga.

“Khusus untuk guru besar, kita harus melakukan upaya yang sungguh-sungguh sinergis, karena keberadaan guru besar akan meningkatkan grade universitas kita. Sudah lama kita tak mengusulkan guru besar, hampir enam tahun lalu,” ujar Kamiruddin.

Sementara itu Dr. Irwandi, M.Pd selaku kandidat Guru Besar yang di usulkan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kesempatan diberikan senat UM Bengkulu kepadanya untuk mempersentasikan materi atau karyanya sebagai bahan pengangkatan Guru Besar serta mohon restu dukungan agar dimudahkan dalam urusan tersebut.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Ketua Senat dan anggota atas kesempatan yang diberikan dan mohon do’a restunya agar pengajuan Guru Besar ini berjalan dengan lancar,” ujarnya. (Humas)