Jumat, 18 Februari 2023 M/27 Rajab 1444 H, Fakultas Agama Islam bekerjasama dengan Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) mengadakan acara kajian Islami yang membahas tema Isra’ Miraj 1444 H sebagai momen untuk meningkatkan kualitas ibadah dan akhlak di era masyarakat 5.0. Acara ini dihadiri oleh narasumber utama, Prof. Dr. Budi Kisworo, M.Ag., seorang guru besar dari IAIN Curup, yang membahas makna penting dari memahami isra’ mi’raj yang bukan hanya di pahami dengan textual.

(Sekretaris PWM, Rektor dan WR III UM Bengkulu menyambut kedatangan Prof. Dr. Budi Kisworo, M.Ag. di Kampus 4 Universitas Muhammadiyah Bengkulu, 17/02/23)

Bapak Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Dr. Susyanto, M.Si. dalam sambutannya mengapresiasi acara tersebut dan berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan guna meningkatkan pemahaman umat dalam menjalankan ibadah. Kegiatan semacam ini juga diharapkan dapat mencerahkan pada dosen-dosen Universitas Muhammadiyah Bengkulu untuk lebih giat dan tekun dalam beribadah serta meningkatkan kualitas akhlak.

Dalam acara tersebut, Prof. Budi Kisworo, M.Ag. menjelaskan bahwa salah satu alasan Rasulullah diberikan perintah sholat adalah untuk menyatukan umat, tanpa memandang status sosial maupun ekonomi. Sholat, menurutnya, adalah representasi dari kesempurnaan, dan juga sebagai wujud syukur kepada Allah SWT.

Menurut Prof. Budi Kisworo, M.Ag., sholat juga memiliki nilai pendidikan dalam meningkatkan akhlak seseorang. Melalui sholat, seseorang diajarkan untuk lebih beradab dan berdisiplin, serta menghargai waktu. Karena sholat memiliki ketentuan yang tidak bisa dimodifikasi, maka diharapkan setiap orang yang menjalankannya dapat lebih berdisiplin dan menghargai aturan.

Acara kajian Islami ini dihadiri oleh banyak peserta dari kalangan dosen, PWM Bengkulu, PWA Bengkulu dan BPH UM Bengkulu. Semua peserta antusias mengikuti acara dan mengajukan berbagai pertanyaan terkait tema yang dibahas. Diharapkan, dengan adanya acara seperti ini, pemahaman tentang agama Islam dapat semakin meningkat dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari