Membuat tugas mata kuliah pemrograman
Tugas dikumpul dengan pak husni ripko
Izinkan saya menyampaikan sambutan
Mohon dengarkan dan jangan loyo

Membuat tugas mata kuliah pemrograman
Tugas diberikan oleh pak Dandi
Izinkan saya menyampaikan sambutan
Sambutan diberikan bukan untuk menggurui

Tugas dikebut dalam satu malam
Itulah kebiasaan para mahasiswa
Saya harus mengucapkan salam
Agar kita semua mendapat barokah

Assalamu’alaikum warrahmatullahiwabarakatuh,

Yang kami hormati:

  1. Rektor dan Wakil Rektor
  2. Dekan dan Wakil Dekan
  3. Kepala Biro, Kepala Lembaga, Kepala Unit
  4. Ketua Program Studi
  5. Ketua BPH dan Anggota
  6. Ketua PWM Bengkulu dan Anggota
  7. Ketua PWA Bengkulu dan Anggota
  8. Dekan Fakultas Teknik pada masanya
  9. Tamu undangan
  10. Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Fakultas Teknik
  11. Para peserta yudisium dan Keluarga yang berbahagia,

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, pagi hari ini kita semua memperoleh anugrah kesehatan dan kebahagiaan, sehingga dapat menghadiri Rapat Senat Terbuka Fakultas Teknik UM Bengkulu dalam rangka melaksanakan satu kegiatan yang sangat penting bagi keluarga besar FT UMB, yaitu Yudicium ke-34 Fakultas Teknik UMB. Salawat beserta salam kita haturkan kepada Nabi besar Muhammad SAW(salawat), Acara yudisium ini merupakan peristiwa akademik terakhir tingkat fakultas yang dilalui Mahasiswa dalam menempuh jenjang pendidikan S1 di FT UMB ini.


Hadirin yang terhormat dan peserta yudisium yang saya banggakan.
Perkenankan saya atas nama pribadi, maupun institusi, dan seluruh civitas akademika FT UMB, dengan penuh kebanggaan pada yudisium kali ini menghadirkan sejumlah 46 orang lulusan FT UMB dari Program Studi TI sebanyak 39 orang dan SI 7 orang.
Hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab FT UMB kepada persyarikatan Muhammadiyah, bangsa dan negara Indonesia, khususnya dalam penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing di era global saat ini.

Pada kesempatan yang berbahagia ini pula, saya mengucapkan selamat kepada Peserta Yudisium. Saudara telah berhasil dengan baik menyelesaikan studi di FT UMB ini. Keberhasilan Saudara adalah bukti kerja keras Saudara. Saya yakin, dalam proses penyelesaian studi, Saudara banyak mengalami tantangan dan rintangan. Untuk itu, saya menyampaikan rasa bangga atas prestasi dan kegigihan Saudara melewati segala rintangan yang menghadang selama menempuh pendidikan. Kepada orang tua, penyedia beasiswa, dan keluarga Peserta yudisium, saya turut bersyukur, berbahagia, dan sekali lagi mengucapkan selamat atas keberhasilan mereka.

Hadirin yang terhormat dan para peserta yudisium yang saya banggakan.
Banyak upaya yang telah kita lakukan bersama dalam membangun pendidikan di tanah air khususnya di pesyarikatan Muhammadiyah ini, mulai dari tingkat pendidikan dasar dan menengah hingga tingkat pendidikan tinggi. Kita juga menyadari bahwa bersamaan dengan upaya yang kita sudah rintis, tantangan yang ada di masyarakat yang menuntut kemajuan dunia pendidikan juga tidak kalah cepat perkembangnya.
Tiga nilai warisan Ki Hajar Dewantara yang harus diterapkan oleh pendidik dan institusi pendidikan dalam menjalankan pendidikan menjadi inspirasi bagi pendidikan tinggi yang memiliki kekuatan akademik terunggul, untuk selalu menjadi teladan di depan, menjadi kekuatan utama dalam menggerakkan, serta menjadi garda pengawal dalam menumbuhkan keeprcayaan khususnya terhadap persyaraikatan muhammadiyah yang pada akhirnya bermuara pada pembangunan bangsa ini. Momentum ini merupakan saat yang tepat untuk melakukan refleksi atas kontribusi nyata pendidikan tinggi dalam pembangunan bangsa secara keseluruhan. Kendati kita masih harus menyelesaikan berbagai permasalahan pengelolaan internal di institusi kita seperti upaya penjaminan mutu pelaksanaan pendidikan, perguruan tinggi seyogiyanya sudah harus lebih banyak mendorong sikap outward looking guna memberikan kontribusi yang lebih nyata dalam pembangunan.

Hadirin yang terhormat dan para peserta yudisium yang saya cintai.
Pada acara yudisium ke-34 Periode Mei tahun 2024 ini, atas nama FT UMB, seluruh pimpinan Fakultas mengucapkan selamat atas keberhasilan para peserta yudisium yang telah menyelesaikan pendidikan di universitas tercinta ini.
Dari 46 peserta yudisium ke-34 ini, terdapat Peserta yudisium yang memperoleh predikat pujian. Untuk lulusan berprestasi pamuncak masing-masing program studi pada yudisium ke-34 diberikan kepada Ranti Vioneka, S.Kom, Prodi Teknik Informatika dengan IPK: 3,89, predikat Pujian, dengan masa studi 3 tahun 6 bulan. Sistin Ulandari, S.Kom., Prodi Sistem Informasi dengan IPK: 3,84, predikat Pujian, dengan masa studi 3 tahun 6 bulan.

Hadirin yang terhormat dan para peserta yudisium yang saya banggakan.
Untuk mencapai visi FT UMB “Menjadi Fakultas Teknik yang Unggul, Berjiwa Islami pada tahun 2028” dan bermaslahat bagi masyarakat luas, disadari dengan sungguh-sungguh bahwa keterlibatan berbagai pihak sangatlah diperlukan. Secara khusus, FT UMB meyakini bahwa peran alumni yang telah dan akan berkiprah di lingkungan pemerintahan, sektor swasta, serta di kehidupan masyarakat lainnya, dalam bahu membahu bersama seluruh sivitas akademika FT UMB untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, adalah hal yang sangat penting.
Kemajuan FT UMB bukanlah semata-mata hasil dari upaya sivitas akademikanya saja, melainkan juga karena peran besar para alumnusnya. Keberhasilan dan prestasi alumni inilah yang juga kami yakini menjadikan FT UMB sebagai tujuan untuk menimba ilmu bagi masyarakat luas.
Saudara sebagai alumni merupakan representasi FT UMB di masyarakat. Perilaku Saudara di masyarakat akan menjadi cerminan kampus ini. Oleh karena itu, saya berpesan agar Saudara ikut menjaga nama baik almamater dengan selalu berpikir, berkata, dan berbuat yang baik, “Jangan sekedar mengucapkan yang terpikir namun Pikirkan apa yang akan diucap”. Kami mengharapkan Saudara dapat mengamalkan ilmu dalam profesi Saudara masing-masing secara lebih bertanggungjawab dan berkualitas.

Jangan pernah melupakan almamater Saudara, karena bagaimana pun almamater telah turut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas diri Saudara. Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di FT UMB, Mari kita besarkan FT UMB ini bersama-sama dengan hati dan kerja yang ikhlas.

Hadirin yang terhormat dan para peserta yudisuim yang saya banggakan.
Pada kesempatan yang baik ini, saya atas nama pimpinan dan seluruh civitas akademika FT UMB mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para orang tua/wali yang telah mempercayakan pendidikan putra-putrinya kepada kami. Tanpa kepercayaan tersebut, sudah tentu FT UMB tidak dapat berbuat banyak dalam penciptaan suasana akademik yang kondusif dan peningkatan kualitas tata kelola FT UMB. Kerjasama yang baik yang telah terjalin, mari kita tingkatkan terus walaupun putra-putri bapak/ibu sudah tidak di kampus ini lagi. Pada kesempatan yang berbahagia ini pula, kami serahkan kembali para peserta yudisium ke pangkuan Bapak/Ibu sekalian.
Mengakhiri sambutan ini, Kami ingin menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangga kepada para orang tua dan wali mahasiswa. Kami sampaikan pula ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:
• Pimpinan di Universitas Muhammadiyah Bengkulu, BPH, dan PWM yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada FT UMB.
Para sejawat dosen yang telah berhasil mengantarkan keberhasilan para mahasiswa FT UMB,
Seluruh tenaga kependidikan dan para pemangku kepentingan yang telah berkontribusi pada penyelenggaraan pendidikan di FT UMB,

Panitia pelaksana yudisium yang telah bekerja keras menyukseskan acara ini, dan hadirin yang terhormat yang dengan penuh perhatian dan kesabaran mengikuti prosesi yudisium ini sehingga terlaksana dengan khidmat.
Saya menyadari sepenuhnya bahwa apa yang telah diberikan oleh FT UMB kepada peserta yudisium, belumlah sempurna. Masih banyak kekurangan dalam berbagai aspek, baik sarana prasarana, proses pembelajaran maupun layanan nonakademik lainnya. Jika kekurangan ini menimbulkan rasa kurang puas dalam diri Saudara. Saya atas nama pimpinan FT UMB, memohon maaf yang sebesar-besarnya. Demikian pula, dalam interaksi dengan Saudara selama ini, sudah tentu ada tutur kata dan perilaku dosen, pegawai, laboran dan teknisi yang kurang berkenan di hati Saudara. Untuk itu, perkenankanlah saya memohon maaf atas segala kekurangan tersebut.
Sekali lagi, saya mengucapkan selamat berbahagia kepada seluruh peserta yudisium beserta keluarga. Selamat berjuang dan selamat mengabdikan ilmu yang Saudara miliki bagi masyarakat. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa menuntun dan menerangi jalan kemana pun Saudara melangkah. Kami mengantarkan saudara hanya sampai dermaga, selanjutnya saudara akan berjuang mengarungi samudera. Jangan takut dan jangan ragu untuk melangkah. Jika saudara takut untuk melihat kebelakang karena ada kesedihan dan rasa sakit yang menghantui, dan saudara gamang untuk melihat kedepan karena banyak hambatan dan rintangan yang menghadang, maka lihatlah ke atas, karena disana ada Allah SWT yang senantiasa akan menghapus kegelisahan, mengganti rasa sakit dengan kedamaian, dan memberi kekuatan kepada hamba-hambanya yang selalu berserah diri dan taat di jalan-Nya.
Semoga para peserta yudisium yang sangat saya cintai, bisa meraih sukses dan menggapai masa depan yang gemilang. Aamiin ya Allah

Bulan Mei akhir kita wisuda
di Sportatorium acara dilaksanakan
Dilaksanakan di pagi hari
Ini akhir sambutan saya
Salah dan kurang mohon dimaafkan
Cukup sekian dan terima kasih

Nasrun minallahi wafathun qarib, wabasyiril mu’minin
Wassalamualikum warohmatullahi wabarokatuh

Bengkulu, 14 Mei 2024
Dekan FT UMB,

RG Guntur Alam, M.Kom., Ph.D
NBK 081 866917

Kirim Pesan
Selamat ya sob, kamu sudah terhubung dengan admin Universitas Muhammadiyah Bengkulu, segera kirim pesanmu ya sob dan tim kami akan segera membalas.