Universitas Muhammadiyah Bengkulu patut berbangga hati penerimaan proposal penelitian dan pengabdian dosen meningkat pesat dibanding tahun sebelumnya. “Alhamdulillah tahun ini kita mendapatkan hibah yang secara kualitas dan kuantitasnya meningkat pesat dibanding tahun sebelumnya baik penelitian maupun pengabdian”, terang ketua LPPM Dr. Risnanosanti, M.Pd di ruang kerjanya hari ini. Peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian dosen UMB tidak lepas dari  adanya pelatihan pendampingan penulisan proposal yang dilakukan beberapa waktu lalu. “Kita berharap kedepan pedampingan yang akan kita diberikan akan membawa dampak positif pada meningkatnya jumlah proposal yang dikirimkan dengan kualitas yang juga lebih baik, sehingga dapat   terus meningkatkan jumlah proposal yang didanai  kedepannya”, ungkapnya.

Risnanosanti menerangkan bahwa tahun ini kita mendapatkan 6 penelitian fundamental regular dan 1 penelitian pascasarjana  dari  22 proposal yang di submit dan 3 hibah pengabdian dari 13 ajuan proposal. “Dari sisi jumlah dosen yang kita miliki ini belum ideal, namun kuantitas submit proposal terus meningkat”, terangnya penuh optimis. LPPM terus akan mensuport dosen dalam hal perbaikan isi proposal sehingga pada proses submit dan penerimaan hibah nantinya memenuhi standar yang ditetapkan dan berdampak pada peningkatan jumlah  proposal penelitian dan pengabdian yang diterima.

Disinggung soal naiknya klaster LPPM UMB dari binaan menjadi klaster utama dan juga syarat skor sinta menyebabkan banyak dosen UM Bengkulu yang tidak dapat mengikuti program hibah penelitian dan pengabdian. Klaster Utama tidak lagi dapat mengikuti skim penelitian dosen pemula dan penelitian pra pemula . “Naiknya klaster ini juga berakibat skim yang bisa diikuti oleh dosen lebih tinggi gradenya termasuk skor sinta yang disyaratkan juga menjadi lebih tinggi sehingga berakibat tidak semua dosen dapat memenuhinya, teman-teman dosen bukan tidak mengajukan proposal namun saat submit skor sintanya belum mencukupi sehingga tidak eligible”, terang Risnanosanti. Harapan saya, kedepan dalam satu tahun ini dosen UMB dapat meningkatkan skor sintanya sehingga ketika dibuka lagi pendanaan tahun depan semua dosen di lingkungan UM Bengkulu dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. 

Kirim Pesan
Selamat ya sob, kamu sudah terhubung dengan admin Universitas Muhammadiyah Bengkulu, segera kirim pesanmu ya sob dan tim kami akan segera membalas.