Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UM Bengkulu), Dr. Susiyanto, M.Si, meresmikan 3 acara sekaligus dalam satu hari yang sama yaitu, Kuliah Perdana Magister Manajemen, Lounching Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), dan Sistem Informasi Akademik Universitas MuhammadiyahBengkulu (SIKAMU), Kamis (15/12/2022) di Aula Hasan Din Kampus IV.

Dalam sambutannya, Susiyanto menyampaikan bahwa kuliah perdana magister manajemen merupakan lanjutan kegiatan setelah resminya keluar surat keputusan Kemendikbud Ristek Dikti RI mengenai izin operasional pembukaan pasca sarjana magister manajemen beberapa bulan lalu. Menurutnya pembukaan program pasca sarjana megister manajemen ini adalah bukti keseriusan UM Bengkulu membantu pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pendidikan serta merespon masukan atau aspirasi dari masyarakat yang menginginkan agar dibukanya program ini.

“Selain magister manajemen, selanjtunya dalam pengajuan kita ada Magister Hukum, Kesehatan Masyarakat, dan Bahasa Indonesia. Mohon doanya InsyaAllah 2023 nanti sudah dibuka untuk tiga program magister tadi,” jelasnya.

Sementara itu dalam rangka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 dilakukan peresmian atau lounchingnya. Dalam peresmian tersebut ditandai dengan peluncuran aplikasi SIMARU (Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru) melalui video profil SIMARU yang nantinya bisa di akses bagi calon mahasiswa baru dalam melakukan pendaftaraan. Menurut rektor ditandainya peluncuran aplikasi SIMARU ini bahwa secara resmi PMB telah dibuka sepanjang tahun.

“Penerimaan mahasiswa baru kita mulai jauh hari karena jangan sampai kita kalah pagi dengan ayam yang berkokok, itu artinya kita harus lebih awal menerima mahasiswa baru bukti keseriusan,” tambahnya.

Selanjutnya dilakukan pula pencuran aplikasi Sistem Informasi Akademik Muhammadiyah (SIKAMU) yang merupakan pembaharuan dari aplikasi sebelumnya yaitu SIAKAD. Menurut Rektor UM Bengkulu SIKAMU adalah sebuah produk hasil karya dosen-dosen Teknik yang tergabung dalam tim Unit Pelayanan Tekni Informasi (UPTI).

“UM Bengkulu sudah membuktikan kualitas dosen-dosennya yaitu salah satunya adalah pembuatan aplikasi SIMARU dan SIKAMU ini. Jadi UM Bengkulu bukan kampus yang kaleng-kaleng,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu hadir Ketua PWM Bengkulu, Dr. Syaifullah, M.Ag, Ketua PWA Bengkulu, Hj. Zurnawati, Dekan, Wakil Dekan, Perwakilan Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu, Mitra-mitra, Kepala Sekolah, serta dosen dan karyawan UM Bengkulu. (humas)