Tumbuhnya program studi baru di UM Bengkulu harus disyukuri semua pihak. Kehadiran program studi baru dengan ragam jenjang dan sasaran lulusannya akan menjadikan UM Bengkulu sebagai pilihan tepat dalam kelanjutan studi Sarjana, Pasca Sarjana maupun profesi. Fakultas KIP yang merupakan fakultas tertua saat ini telah memiliki 3 (tiga) program pasca sarjana ; Pendidikan Bahasa Indonesia;  Pendidikan Biologi, dan Pedagogik. Program Pasca Pendidikan Bahasa Indonesia sungguh pun baru saat ini telah terakreditasi BAIK dan telah menjalani perkuliahan dengan animo mahasiswa yang tinggi. Sesunguhnya program pasca PBI merupakan kelanjutan studi program sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang dimiliki UM Bengkulu.

Dr. Eli Rustinar, M. Hum. ketua program pasca PBI UM Bengkulu menyebut bahwa visi PBI adalah: “menjadikan lulusannya Unggul, berkualitas, berjiwa islami dan entrepreneurship.  Visi ini kita bangun guna menjawab kebutuhan masa depan, dimana saat ini pendidik tidak hanya dituntut untuk melaksanakan tugas pokonya sebagai pengajar, namun mesti memiliki jiwa entrepreneur sehingga dapat menciptakan lapangan kerja yang sesuai bidang ilmu yang diajarkan”, terang Eli Rustinar. Lebih jauh doktor linguistik lulusan program doktor Universitas Padjajaran ini memastikan perbedaan mendasar program pasca sarjana PBI UM Bengkulu dengan pasca sarjana lainnya adanya penguatan keislaman dan kemuhammadiyahan.  Islam dan Kemuhammadiyahan yang menjadi ruh pergerakan persyarikatan  akan terus kita tanamkan termasuk pada mahasiswa program pasca PBI agar lulusannya nanti memiliki kesimbangan unggul intelektual dan spiritual, harapnya. Ditanya soal akreditasi PBI, Eli berkisah saat ini telah terakreditasi BAIK. “Alhamdulillah PBI UM Bengkulu saat ini telah terakreditasi BAIK dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan, ini berarti kelengkapan administrasi, proses dan sarana pembelajaran PBI ternilai baik dan siap menghasilkan lulusan terbaik”, jelas Eli Rustinar. Lebih rinci dia menyebut akreditasi ini berlaku sejak 29 Maret 2023 yang bermakna legalitas program PBI UM Bengkulu sah dan dapat menjalankan perkuliahan. “Saya memastikan bagi calon mahasiswa PBI UM Bengkulu perkuliahan kita nyaman, lulus tepat waktu, dan  pembiayaan ekonomis”, terang Eli Rustinar di ruang kerjanya. Kita punya target mahasiswa PBI dapat menyelesaikan 3-4 semester untuk program pasca sarjana ini dan saat selesai studi memiliki banyak luaran kinerja untuk syarat penyesuaian fungsional. Harapannya kedepan jumlah mahasiswa akan terus meningkat. “Komitmen kami lulusan PBI UM Bengkulu berkuliatas, unggul dan tepat waktu penyelesaian studinya”, pungkas Eli diakhir penjelasannya.

Kirim Pesan
Selamat ya sob, kamu sudah terhubung dengan admin Universitas Muhammadiyah Bengkulu, segera kirim pesanmu ya sob dan tim kami akan segera membalas.