Sebagai institusi dengan ragam layanan yang harus meningkat setiap tahunnya, UM Bengkulu terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dan sarana prasarana guna menunjang aktivitas perkuliahan. Terbaru dalam hal layanan kesehatan UM Bengkulu berupaya meningkatkan status akreditasi Klinik Pratama Ibnu Sina dan UMC dalam akreditasi oleh tim surveyor Lembaga Penyelenggara Akreditasi Paripurna (LPA-PKP) kota Bengkulu guna mengevaluasi seluruh layanan dan sarana prasarana yang dimiliki sehingga layanan prima dan sarana prasarananya paripurna

Ketua tim surveyor akreditasi dr. Venty Anggarina menyebut tim akreditasi telah bekerja secara objektif. “Tim surveyor bekerja dengan baik dan memberikan penilaian objektif proses akreditasi” ujar dr. Anggarina. Akreditasi institusi layanan kesehatan penting menurutnya guna mmberikan garansi pada publik akan layanan kesehatan yang diberikan sehingga masyarakat akan yakin dan percaya terhadap seluruh layanan kesehatan yang diberikan tegasnya. “Masyarakat saat ini sudah cerdas dalam menentukan faskes, sehingga kelengkapan sarana dan prasarana serta layanan sering menjadi barometer masyarakat untuk menentukan faskes mana yang di tuju dalam layanan kesehatannya.  

Ditanya soal hasil penilaian tim akreditasi, Pimpinan klinik pratama Ibnu Sina-UMB, dr. Andhitya mengungkapkan rasa syukur atas terbitnya sertifikat akreditasi Klinik Pratama Ibnu Sina I Universitas Muhammadiyah Bengkulu dengan predikat Paripurna. “Alhamdulillah kita meriah predikat paripurna dalam akreditasi beberapa waktu lalu, keberhasilan ini merupakan dukungan semua pihak dan Universitas Muhammadiyah Bengkulu tentunya”, terang Andhitya. Lebih jauh dia menjelaskan predikat paripurna ini menunjukkan layanan dan fasilitas di klinik Ibnu Sina sangat baik dan akan siap membantu layanan kesehatan bagi mahasiswa dan masyarakat. “Dengan akreditasi ini kita siap running dan bersaing dengan faskes lainnya di kota Bengkulu untuk memberikan layanan kesehatan terbaik”, tegasnya.

Terpisah salah satu pimpinan klinik pratama Ibnu Sina Wismalindarita, MP menymabut baik dan apresiasi atas capaian akreditasi paripurna. “Alhamdulillah dalam  waktu yang hamper berbarengan klinik pratama Ibnu sina 1 UMB dan UMC mendapat predikat akreditasi paripurna dari Lembaga Penyelenggara Akreditasi Pelayanan Kesehatan Paripurna yang berlaku 2024 hingga 2029”, terang Wisma. Lebih jauh Wismalindarita memastikan lahirnya akreditasi paripurna bagi dua faskes UM Bengkulu ini membuktikan konsentrasi UM Bengkulu bidang kesehatan sangat baik guna memberikan layanan yang terbaik bagi mahasiswa. “Saya mengajak civitas akademika UM Bengkulu menggunakan dua faskes UM Bengkulu untuk memastikan kesehatan dan perlindungan kesehatan bagi anggota keluarganya”, harapnya.