Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadaiyah Bengkulu menyelenggarakan seminar kesehatan masyarakat dengan tema “Peran mahasiswa dan akademisi dalam mencegah kekerasan seksual di lingkungan kampus” Selasa, 27 Desember 2022 di Aula Hasan Dien Kampus IV UM Bengkulu.

Seminar ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi, dosen, staf, dan dikuti oleh Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat FIKES UM Bengkulu.

Dr. Emi Kosvianti, S.KM., MPH dalam sambutannya sekaligus sebagai Keynote Speaker, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, kekerasan seksual ini banyak ragamnya, bisa kekerasan seksual secara fisik, kekerasan secara virtual. Tetapi yang jelas bagaimanapun bentuk dari kekerasan seksual hal itu sangat merugikan bagi kita semua.

Untuk merespon PERMENDIKBUD No.30 Tahun 2021, semua institusi pendidikan, temasuk UM Bengkulu berkewajiban membentuk Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekeserasan Seksual di Lingkungan Kampus. Dimana satgas ini harus mewakili unsur dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan. Katanya.

Kegiatan Seminar ini diikuti oleh Dosen dan Mahasiwa Prodi Kesehatan Masyarakat FIKES UM Bengkulu. Menghadirkan tiga narasumber yaitu Radha Astriya, Yosa Mandraguna dan Mira Pitaloka, ketiga narasumber tersebut merupahkan mahasiswa kesehatan masyarakat UM Bengkulu.

Dalam sambutan Ketua Panitia Ike Suciati mengucapkan terima kasih kepada Sivitas Akademika FIKES UMB, Panitia serta pihak-pihak yang telah membantu mensukseskan acara ini.

Untuk peserta silahkan didengarkan apa yang disampaikan oleh pemateri yang biasa menambah pengetahuan kalian tentang kekerasan seksual. Ujarnya.

Seminar ini diharapkan dapat memberikan insight baru terkait kekerasan seksual serta dapat memperkuat sistem penanganan kekerasan seksual yang berpihak pada korban. (HUMAS)