Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu selenggarakan pengajian ramadhan 1445 H pada 30-31 Maret 2024 bertempat di aula BPSDM Bengkulu. Kegiatan yang merupakan turunan dari pengajian pimpinan pusat muhammadiyah diikuti unsur pimpinan wilayah, daerah, ortom, pimpinan amal usaha dan warga persyarikatan muhammadiyah. “Pengajian ramadhan ini memberi insprasi bagi kita semua pelaku dan pengerak organisasi ini untuk kembali menghidupkan ruh organisasi yang sama kita cintai ini”, tegas ketua PWM Dr. Fazrul Hamidi, S.H,MM.

Muhammadiyah di usinya yang ke-113 dan Aisyiah yang ke-107 tetap konsisten menyuarakan islam berkemajuan dan mendorong cita-cita terbentuknya ummat islam yang sebenar-benarnya, tegas ketua. “Di usia yang sudah matang ini setidaknya ada dua hal yang menyebabkan persyarikatan ini tetap eksis, pertama sikap militansi kader muhammadiyah dan Aisyiah, sikap ini menjadi spirit utama bagi tumbuh dan berkembangnya persyarikatan hingga saat ini”, ungkap ketua PWM. Sikap militansi yang ditunjukkan para pendiri organisasi mestinya tetap tumbuh pada sanubari setiap kader persyarikatan untuk menghidupkan ruh organisasi menjaga eksistensinya dalam pergerakan di tengah ummat dan kontribusi nyata bagi pengamalan nilai-nilai dalam aktivitas keseharian.

Kedua, ungkap ketua PWM sikap taawun atau tolong menolong menjadi perekat sehingga persyarikatan ini masih tetap eksis hingga hari ini. “Kyai Dahlan telah mencontohkan bagaimana beliau mengetuk para saudagar dan orang berpunya pada saat itu guna menyelamatkan eksistensi sekolah muhammadiyah yang kehabisan dana waktu itu”, pungkasnya. Kelapangan dan keluasan hati untuk saling membantu dan memberikan pertolongan pada sesama akan terus menjadi spirit warga muhammadiyah. Semangat almaun yang digelorakan kyai Dahlan sebagai aktualisasi dari pemaknaan surat almaun mesti kita pendomani dan teruskan guna menjadikan spirit taawun selalu tumbuh dalam diri serta gerak persyarikatan muhammadiyah sebagai penerang dan solusi dari berbagai persoalan keummatan yang muncul dewasa ini, tutup ketua PWM dalam ulasannya.