Universitas Muhammadiyah Bengkulu tahun ini genap berusia 33 tahun. Momen puncak Milad ke-33 diselenggarakan dalam Rapat Senat Terbuka di aula Hasan Diin, Selasa 25 Juni 2024 yang dihadiri oleh ketua, sekretaris dan anggota senat Universitas Muhammadiyah Bengkulu, dosen dan tenaga kependidikan, Pj walikota, Bank Mitra, PWM, PWA, PDM dan PDA se-wilayah Bengkulu, mahasiswa dan warga Muhammadiyah Bengkulu.

“UMB yang hari ini telah berusia 33 tahun merupakan pengembangan dari kelas jauh IKIP Muhammadiyah Jakarta yang beraktifitas mulai tahun 1970, lalu berkembang menjadi STKIP Muhammadiyah Bengkulu pada tahun 1973 dan akhirnya 20 Juni 1991 izin resmi Universitas Muhammadiyah Bengkulu terbit dengan 4 fakultas dan 12 program studi”, terang Dr. Susiyanto, M.Si rektor UMB. Lebih jauh doktor sosiologi ini  menyebut tumbuh kembangnya UMB hingga saat ini tak lepas dari ketulusan dan infaq, sedekah warga persyarikatan muhammadiyah dan kerja keras para pendiri.

Dalam hal internasionalisasi, rektor melaporkan UMB melalui kantor urusan luar negeri telah menjalin kerjasama dengan beragam lembaga dan kampus luar negeri serta mengirimkan mahasiswa UMB untuk magang dan PKL di luar negeri. “Tahun ini kita akan mengirimkan 20 orang mahasiswa ke Asia University, Taiwan dalam program student exchange, kita juga akan mengirimkan mahasiswa FKIP prodi bahasa Inggris dalam kegiatan PKL international yang akan mengajar di sekolah Islam yang ada di Thailand Selatan selama 3-5 bulan”. Kedepan UMB siap melaksanakan program double degree bagi mahasiswa untuk belajar di UMB dan kampus lain di luar negeri serta menyiapkan kelas international bagi prodi manajemen, ilmu hukum dan pendidikan bahasa Inggris, semua hal ini kita lakukakan guna meningkatkan daya saing lulusan dan menggapai target akreditasi unggul.   

Memasuki usia ke-33 tahun, rektor dan civitas akademika UMB bertekad untuk menjadi institusi  yang memliki predikat akreditasi “Unggul”. “Target kita sebagaimana sudah saya sampaikan diawal pelantikan kami, adalah menjadikan UMB Unggul, karenanya hari ini kita memiliki kualifikasi 22 % dosen dengan kualifikasi doktor dan target kita 2 hingga 3 tahun kedepan kita akan memiliki rasio 50% dosen dengan kualifikasi doktor serta 5 tahun kedepan kita akan memilki banyak guru besar”, jelasnya. Mohon doanya dari seluruh civitas dan warga muhammadiyah UMB akan meraih predikat unggul dalam akreditasi yang sebentar lagi akan dilaksanakan, pinta rektor.  Selain rapat senat terbuka pada milad ke-33 UMB memberikan reward pada dosen dan tendik berprestasi, santunan dhuafa dan sembako serta scholl kid bagi siswa berprestasi di sekolah muhammadiyah di kota Bengkulu.

Kirim Pesan
Selamat ya sob, kamu sudah terhubung dengan admin Universitas Muhammadiyah Bengkulu, segera kirim pesanmu ya sob dan tim kami akan segera membalas.