Jarni Mastika, Mahasiswi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Bengkulu berhasil meraih prestasi karya terpilih cipta puisi tingkat nasional. Lomba karya tulis puisi ini diadakan oleh Rumah Sastra Seni dari 6 – 14 Januari 2023.

“Saya merasa senang dan bersyukur atas prestasi yang saya raih dalam perlombaan ini, terlebih jumlah pesertanya begitu banyak karena merupakan lomba tingkat nasional”, ujar jarni mastika ketika diwawancara melalui whatsapp.

Lebih lanjut lagi disampaikan bahwa hobi membaca puisi dari karya orang-orang terkenal seperti Chairil Anwar membuat ia terinspirasi belajar membuat suatu karya yang indah. Selain itu juga, berbagai perasaan dapat ia tumbahkan melalui tulisan, seperti rasa kekhawatiran terhadap lingkungan seperti judul puisi yang ia tulis yakni “Pohon yang Rimbun”.

“Saya mengekspresikan perasaan saya dalam penulisan puisi dengan merasakan sedih ketika melihat penebangan pohon yang dengan tega dilakukan di mana-mana, ditambah lagi tidak melakukan penghijauan. Judul puisi yang saya pilih adalah “Pohon yang Rimbun”. Ada alasan di balik judul ini, yaitu jarang sekali saat ini melihat pohon yang rimbun, dan saya merasa prihatin ketika melihat penebangan pohon di mana-mana yang mengakibatkan bencana alam. Saya terinspirasi dari karya-karya puisi Chairil Anwar untuk menulis puisi”.

Ada tips yang dapat Jarni bagikan kepada para mahasiswa agar dapat konsentrasi dalam menulis yakni menulis di tempat yang tenang karena dapat terhindar dari berbagai gangguan. Tips lainnya dalam menentukan judul puisi yang menarik yakni dengan cara menulis berbagai judul sehingga nantinya dapat dengan mudah dijadikan acuan untuk membuat puisi.

Selain itu disampaikan, bahwa ia mengucapkan terima kasih atas segala dukungan yang telah diberikan kepada dirinya, baik itu dari orang tua, program studi Komunikasi Penyiaran Islam dan Universitas Muhammadiyah Bengkulu sehingga akhirnya ia berhasil meraih prestasi ini.