Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 (PMM) di Universitas Muhammadiyah Bengkulu yaitu Yaomil Khoeriyah dan Anggreni Puspitasari melaksanakan kegiatan kontribusi sosial yang merupakan bagian dari program PMM di Sekolah Alam Langit Biru kelurahan Pematang Gubernur, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Kegiatan ini berlangsung pada hari kamis,(15/12 2022) lalu dan dilaksanakan pada pukul 09.00 – 10.00 WIB. Demikian dijelaskan pendamping dosen modul nusantara, Dr. Meri Sri Hartati saat mendampingi mahasiswa dalam kegiatan tersebut.

“Kegiatan kontribusi sosial ini bertema literasi menabung, ini merupakan salah satu kegiatan modul nusantara yang bertujuan untuk meningkatkan makna uang selaku alat tukar dan rasa menghargai terhadap uang,” jelasnya.

Dipilihnya sekolah ini menurutnya karena merupakan sekolah yang mengedepankan kewirausahaan kepada siswanya dimana setiap hari ada kegiatan market day untuk giliran setiap kelasnya. Lebih lanjut Meri mengatakan hal tersebut sejalan dengan program PMM yang dilakukan disana yaitu, ketika siswanya mendapat uang dari hasil penjualannya disarankan uang tersebut ditabung untuk nanti gunakan usaha membuat produk lagi.

“Untuk awal kegiatan kami menyuguhkan sebuah film animasi agar anak-anak disana antusias dan merasa senang ketika mendapatkan materi yang dibalut dengan pesan moral menabung,” tambahnya.
Hemat pangkal kaya itulah semboyan yang menjadi landasan dasar untuk melakukan kegiatan literasi menabung, siswa diajak mengobrol bahwa kita harus lebih mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan, sehingga kita bisa menabungkan jika memang benar-benar menginginkannya agar tidak perlu merepotkan orang tua.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk anak-anak agar mereka senantiasa menghemat dan lebih menghargai uang. Untuk meningkatkan minat anak-anak untuk menabung kami memberikan mereka celengan agar mereka lebih bersemangat untuk menabung,” tuturnya.

Harapannya kegiatan kontribusi di sekolah langit biru ini anak-anak mampu lebih menghargai uang dan mereka lebih bersemangat untuk menabung dan mempersiapkan sesuatu rencana untuk masa depan dari hasil uang yang mereka tabung saat ini. (humas)