Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam ( KPI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UM Bengkulu) kembali berhasil menoreh prestasi membanggakan dalam ajang Gebyar dan Milad Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang ke-10 IAIN Curup Se-Sumatera. Terdapat puluhan peserta se-Sumatera yang ikut dalam ajang perlombaan tersebut.

Arpan sebutan panggilannya sehari-hari merupakan mahasiswa KPI FAI UM Bengkulu angkatan 2022 dan saat ini tengah menempuh perkuliahan di semester 1.

Dalam ceramahnya ini Arpan membawakan tema Tiga Kunci Kesuksesan Dunia dan Akirat dalam Konsep Al Qur’an. Arpan mengatakan bahwa mereka menggunakan landasan yang terdapat dalam Qur’an tentang Tiga kunci sukses bagi seorang muslim ini didasarkan pada firman Allah dalam Surah ar-Rad:11.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” Jelasnya membacakan arti dari ayat tersebut.

Menurutnya ayat tersebut menyuratkan, pentingnya seseorang berusaha untuk membuat dirinya atau keadaan sekelilingnya lebih baik. Bahkan, Allah akan menunggu hingga orang tersebut mau berubah, sebelum membukakan jalan ke arah yang positif.

Kesuksesan arpan dalam meraih juara ceramah ini menurutnya tidak lepas dari ikhtiar yang dilakukan selama ini, yaitu selalu rajin berlatih baik secara teori maupun praktek dengan menjadi penceramah.

Ka.Prodi KPI UM Bengkulu, Eti Efrina, M.Hum memberikan apresiasi kepada mahasiswanya tersebut yang telah berhasilkan menorehkan prestasi di tingkat Sumatera. Ia berharap agar arpan tetap mempertahankan prestasinya tersebut bahkan bisa lebih tinggi lagi dalam even-even nasional.

“Alhamdulillah kami ucapkan selamat kepada Arpan, semoga bisa mengukir prestasi yang lebih tinggi lagi,” ujarnya. (humas)