Dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 tidak saja menambah angka pengangguran dan berkurangnya kesempatan kerja di sektor formal, tapi juga mereka yang bergerak di semua lini bisnis pun tidak luput dari ancaman pemutusan hubungan kerja. Penguatan sumber daya generasi muda khususnya generasi milenial pasca pandemi sangat diperlukan untuk menciptakan generasi produktif yang mandiri, kreatif, inovatif, berdaya saing dengan menumbuhkan semangat kewirausahaan dan mengoptimalkan kemajuan teknologi informasi.

Demikian disampaikan Wakil Menteri (Wamen) Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ir. Afriansyah Noor, M.Si dalam kunjungannya di Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UM Bengkulu) pada acara Kuliah Pakar dengan tema “Entrepreneur Muda Pemulih Ekonomi Indonesia Pasca Covid 19” hari ini, Sabtu (17/12/2022) di Aula Hasan Din Kampus IV.

“Untuk itu mari mengembangkan dan mengoptimalkan sumber daya generasi Z dan generasi milenial menjadi talenta muda yang unggul dan kompetitif dalam rangka menyambut tantangan pekerjaan masa depan,” katanya.

Lebih jauh Afriansyah Noor mengatakan, untuk mengembangkan talenta muda dalam menjadi wirausaha muda maka pemerintah telah mengeluarkan kebijakan melalui beberapa agenda yaitu, Pengembangan future jobs di Indonesia, Penguatan kelembagaan talenta muda, Pencarian talenta muda berbakat (Talent Scouting), Pembinaan talenta muda ketenagakerjaan, Pengembangan kompetensi talenta muda, Perluasan kesempatan kerja untuk talenta muda, Penempatan talenta professional muda, dan Pengembangan jejaring talenta social enterpreneur.

Sementara itu Rektor UM Bengkulu, Dr. Susiyanto, M.Si dalam sambutannya mengucapkan terimakasih banyak kepada Wamen Ketenagakerjaan RI beserta rombongan atas kunjungannya ke UM Bengkulu. Menurutnya kunjungan ini adalah sebuah kehormatan sekaligus kebahagiaan tersendiri bagi seluruh sivitas akademika. Karena dengan kehadiran Wamen tersebut tentunya dapat memberikan hal yang positif baik itu berupa informasi maupun ilmu yang diberikan melalui kegiatan kuliah pakar.

“Atas nama seluruh civitas akademika mengucapkan selamat datang di UM Bengkulu dan mengucapkan terimakasih atas kunjungan Bapak Wamen di UM Bengkulu. Kunjungan ini tentunya memberikan kebahagiaan dan kerhormatan bagi kami,” tuturnya.

Susiyanto berharap dalam kunjungan Wamen ini di UM Bengkulu dapat melahirkan kerjasama yang baik dengan Kementerian Ketenagakerjaan khususnya dalam hal yang berkaitan dengan ketenagakerjaan.(humas)