Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehuatan Republik Indonesia melakukan kegiatan penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia. Untuk provinsi Bengkulu sendiri, Kementerian LHK RI menunjuk Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebagai tuan rumah. Penanaman pohon serentak ini dilaksanakan di Kampus 4 Universitas Muhammadiyah Bengkulu pada Minggu, 14 Januari 2024.

Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Dr. Susyanto, M. Si, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia telah memberikan kepercayaan kepada Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebagai tuan rumah sekaligus lokasi penanaman pohon serentak.

Gubernur Bengkulu melalui Asisten 1 menyatakan bahwa acara ini merupakan upaya bersama untuk menjaga hutan dan mengurangi polusi. Meskipun target penanaman satu juta pohon, tetapi diharapkan dapat melebihi angka tersebut untuk mengatasi penurunan zona hijau.

Selanjutnya, perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Universitas Muhammadiyah Bengkulu atas dukungannya dalam menyediakan lahan untuk penanaman pohon serentak. Universitas Muhammadiyah Bengkulu juga diberi penghargaan sebagai kampus pengelola Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus dengan status lahan hutan lindung untuk kegiatan penelitian dan aktivitas lain yang mendukung konservasi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon serentak oleh berbagai pihak, termasuk Asisten 1 Provinsi Bengkulu, staff ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, dan Bapak Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu, PWM Bengkulu, BPH UM Bengkulu serta tamu undangan lainnya.

Selanjutnya, para peserta menyaksikan secara langsung kegiatan penanaman pohon di Banten melalui Zoom Meeting, menggambarkan semangat kolaboratif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan di seluruh Indonesia.