Universitas Muhammadiyah Bengkulu menyelenggakan sholat  Idhul Adha di kampus 1 dan 4. Sholat ied dihadiri ratusan jamaah berlangsung di halaman kampus 1 dan 4 UMB. Bertindak sebagai khatib dan imam di kampus 1 ustadz Faisal Abdul Aziz, M.Pd.i. dalam khutbahnya ustadz Faisal mengingatkan jamaah  pentingnya menteladani nabi Ibrahim AS. “Momentum iedul qurban mengingatkan kita pada kisah ketaatan nabi Ibrahim As yang diuji dengan beragam cobaan dan nabi Ibrahim membuktikan ketaatan dan lulus dari ujian tersebut sehingga memiliki ketauhidan yang lurus”, ungkap ustadz Faisal dalam khutbahnya. Tak lupa ustadz yang merupakan putra dari tokoh muhammadiyah Bengkulu, H. Syukran Zainul ini mengajak jamaah untuk terus mengali hikmah dari perjalan hidup dan ketaatan nabi Ibrahim AS.

Sementara di halaman kampus 4 UMB, bertindak selaku imam ustadz Noveriyanto, M.Pd dan khatib Sukri Amin, MA. Dihadapan jamaah dalam khutbahnya Sukri Amin mengingatkan tentang keikhkasan nabi Ibrahim dalam menjalankan perintah Allah SWT. “Peristiwa Iedhul Qurban menjadikan kita belajar bagaimana nabi Ibrahim As tidak ragu menjalankan perintah Allah SWT untuk menyembelih putra yang sangat dicintainya”, terang dosen Agama Islam UMB ini. Lebih jauh kandidat doktor pendidikan agama islam ini memastikan Allah swt sangat mencintai hambanya yang taat menjalankan perintahNya. “Karena ketaatan dan kepatuhan nabi Ibrahim dalam menjalankan perintahnya akhirnaya Allah swt mengganti Ismail As dengan seekor qibas yang dikurbankan untuk mengapai keridhaanNya.

Berkenaan dengan sosok Ismail As, kedua khatib mengajak hadirin untuk menteladani sosok muda yang cerdas dan patuh dalam ketaatan. “Ismail As adalah bukti contoh keberhasilan pendidikan yang diajarkan oleh kedua orang tua yang beriman dan bertauhid yang lurus serta memiliki keimanan yang aktif, mengajarkan tentang tauhid, mengajarkan ketaatan dan kesalehan baik pribadi maupun sosial”, pungkas ustadz muda muhammadiyah ini. “Teruslah mencari jati diri, bangun ketaatan dan belajar untuk terus memperbaiki diri, sembari terus meningkatakn keimanan kepada Allah swt, jadilah pemuda yang selalu taat dan patuh kepadaNYa, sebagaimana Ismail As telah mengajarkan pada kita kaum muda”, pungkas dai muda diakhir khutbahnya.

Berkenaan dengan kurban tahun ini, Drs. Nazar, M.Ag menerangkan esok hari 18 Juni 2024, UMB akan melaksanakan pemotongan 6 ekor sapi di rumah pemotongan hewan, satu ekor di panti Al-Mubarak dan satu ekor di Pimpinan Wilayah Aisyiah. “semoga sohibul qurban mendapatkan pahala dan keridhaan Allah swt atas qurban yang diberikan”, ungkap buya Nazar.

Kirim Pesan
Selamat ya sob, kamu sudah terhubung dengan admin Universitas Muhammadiyah Bengkulu, segera kirim pesanmu ya sob dan tim kami akan segera membalas.