Matematika sering kali menjadi momok menakutkan bagi pelajar. Matematika dengan  ragam rumus dan permasalahan sering membuat pelajar menghindar bahkan bolos dari pelajaran tersebut. Memahami kondisi proses pembelajaran matematika yang cenderung monoton dan membuat jenuh, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (HIMAPTIKA) UM Bengkulu gelar marathon mathematic dan aku bisa tingkat SD hingga SMA sederajat di aula gedung Ahmad Dahlan, Kampus 4 UM Bengkulu. Kegiatan rutin ini selalu menyedot antusias pelajar SD hingga SMA se-provinsi Bengkulu dengan fokus perlombaan bidang studi matematika. “Untuk tahun ini penyelenggaraan marathon mathematic telah memasuki gelaran ke-15 dan Aku Bisa ke-12”, ungkap Widya Zahara ketua panitia.

Septia Agustina, ketua Himaptika FKIP UM Bengkulu menyebut tujuan dari acara marathon matematika adalah asah kemampuan pelajar bidang pelajaran matematika dan mempublikasikan model pembelajaran dan penyelesaian masalah matematika secara cepat dan mudah. “Satu visi yang kita bawa dari program marathon mathematics ini adalah menjadikan pelajar tidak benci dengan pelajaran matematika, tidak takut dan bahkan menyenangi mata pelajaran yang dikenal rumit ini”, terang Septia. Lebih jauh Septia menyebut ramainya antusias pelajar mengikuti marathon mathematic setiap tahunnya sesungguhnya mengambarkan pelajaran ini cukup diminati walau kesan dan sulit dan rumit tidak bisa dipisahkan dari matematika. “Kalau mau belajar matematika yang asik dan tak membosankan gabung aja prodi matematika UMB”, kilah Septia penuh senyum

Disisi lain ketua program studi matematika Rahmat Jumri, M. Pd menyebut rasa bangga atas terselenggaranya maraton mathematics dan meningkatnya antusias peserta dari 100 peserta tahun sebelumnya menjadi 164 tahun ini. “Kedepan kegiatan ini harus terus  dilakukan dan antusias peserta harus lebih banyak lagi”, harap Jumri. Sementara itu, Wakil Rektor 3 Drs Surohim M.Si dalam sambutannya menyebut ”Marathon mathematics ke-XV dan aku bisa ke Xll ini sebagai program inisiasi yang Sangat bagus sebagai kegiatan memajukan anak-anak bidang pelajaran matematika dan semoga melaui kegiatan ini kecerdasan tentang matematika meningkat”, jelas Surohim dalam sambutannya. Tak lupa wakil rektor memastikan program studi pendidikan matematika UM Bengkulu sangat tepat menjadi pilihan studi selepas pendidikan SMA. Tanggapan menarik disampaikan wali murid Man Insan Cendikia Bengkulu Tengah , Pipin Devi, M. Pd. “kegiatan marathon mathematic ini sangat bagus sekali untuk siswa karena melatih kemampuan matematika anak-anak dan semoga kedepannya kegiatan ini berlanjut dengan biaya yang cukup murah agar bisa membawa anak-anak dari Man Insan Cendikia Bengkulu Tengah lebih banyak lagi”, hal senada pun di sampaikan peserta dari SMA 1 Rejang Lebong Dava dan Berlian, menurut  keduanya perlombaanya unik dan kami sangat menikmati kegiatan ini dari awal pembukaan, sampai di pertunjukan video robotika dan promosi robotika dari hima matematika. “Semoga kegiatan ini setiap tahunnya berlanjut dan semakin banyak hadiahnya”, harap mereka.