Bertempat di ruang rapat Kampus 1 UMB, pagi ini jumat 16 Desember 2022 berlangsung penandatanganan perjanjian Kerjasama antara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UM Bengkulu dengan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) dan Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu. Hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor I dan IV, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi dan dosen FKIP, Kepala BPMP dan Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu.

Dalam sambutannya Dekan FKIP menegaskan, Perjanjian Kerjasama FKIP dengan Lembaga atau instansi lain sudah terjalin baik. “Hingga saat ini setidaknya enam puluhan sekolah di provinsi telah Kerjasama dalam distribusi dan magang pengajaran bagi mahasiswa FKI UM Bengkulu”, tegas Dekan. Lebih jauh Santoso berharap sinergi antara BPMP dan kantor Bahasa provinsi Bengkulu kedepan akan semakin terjalin setelah penandatanganan agreement ini. “Saya berharap kedepan beragam aktivitas pengembangan SDM di kalangan mahasiswa dan dosen FKIP melalui sinergitas aktivitas BPMP dan Kantor Bahasa provinsi makin meningkat”.

Sementara itu, Hamlan Siregar, M.Pd mewakili kepala BPMP provinsi Bengkulu menyampaikan komitmen BPMP unyuk mendukung aktivitas pengembangan pengajaran pada mahasiswa khususnya FKIP UMB. “BPMP sebagai unit pelaksana Kemendibud Ri akan terus melaksanakan program-program prioritas salah satunya implementasi Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar”, tegasnya. Kedepan beragam aktivitas guna mensukseskan program prioritas Kemendikbud dapat disenergikan dengan FKIP UMB, terang Hamlan.

Disisi lain kepala kantor Bahasa Bengkulu Dwi Laily Sukmawati, S.Pd.,M.Hum menegaskan 3 (tiga) program prioritas Kantor Bahasa adalah : Literasi, Internasionalisasi Bahasa Indonesia, perlindungan dan pelestarian Bahasa Indonesia. “kedepan kita akan mensosialisasikan tes UKBI atau toefl Bahasa Indonesia”, tambah Laily. Bahasa Indonesia kedepan akan terus disemarakkan dan ditingkatkan kecintaan generasi milenial agar terjaga kelestariannya. Sementara dalam pengembangan Bahasa daerah atau lokal, Kantor Bahasa tegas Laily akan mensemarakkan lomba dan pelestarian Bahasa Enggano, Rejang Lebong dan Bahasa Bengkulu. “Sinergi kantor Bahasa dan UMB kedepan akan semakin meningkatkan literasi dan menjamin upaya pelestarian Bahasa daerah dan pengembangan Bahasa Indonesia”, harapnya.    Rektor UMB diwakili Wakil Rektor Dr. Onsardi,MM mengucapkan terimakasih atas terjalinnya Perjanjian Kerjasama yang telah terjalin. “Saya yakin PKS antara FKIP UMB dengan BPMP dan Kantor Bahasa provinsi Bengkulu kedepan akan melahirkan ragam aktivitas yang saling menguntungkan dan meningkatkan SDM mahasiswa UMB khususnya FKIP”. Diakhir kegiatan BPMP dan Kantor Bahasa provinsi Bengkulu serta UMB saling bertukar cinderamata. (Soleh/humas)