Kehadiran Nurjusni SH Ketua PN Kepahiang 2016-2028 yang sekarang menjadi hakim di PN Solo disambut hangat oleh Fakultas Hukum UMB. Nurjusni diundang sebagai Pemateri dalam kegiatan workshop Mengenal Profesi Hukum dan Kode Etiknya (Tantangan dan Motivasi) yang diadakan FH & LKBH UMB pada Kamis 04 April 2024 bertempat di Lab Hukum UMB. Kegiatan dihadiri Dekan Fakultas Hukum Dr Rangga Jayanuarto SH MH, Wakil Dekan dan dosen FH, Ketua LKBH UMB Dr (c) Edy Sugiarto SH MH dan mahasiswa hukum serta advokat muda alumni FH UMB.

Nurjusni menyampaikan ketika dulu lulus dari Fakultas Hukum, dia pernah  mengikuti program pengacara praktek, setelahnya setahun kemudian mengikuti tes Calon Hakim. Nurjusni memberikan pesan kepada para peserta workshop agar belajar ilmu hukum dengan sungguh-sungguh. “Kalau mau tes calon hakim, atau jadi advokat atau jaksa dan sebagainya profesi hukum, mulai dari sekarang Ilmu hukum nya harus benar-benar diasah dengan praktek seperti di LKBH kita yang sudah ada di UMB ini. Hukum acaranya juga harus dikuatkan tentu dengan belajar pada senior dan matang pengalaman.” Ucap Nurjusni dalam workshop.

Setiap mahasiswa hukum nantinya, pastilah ingin bekerja di bidang hukum. Pekerjaan di bidang hukum dikenal dengan profesi hukum atau dikalangan masyarakat biasanya disebut aparat penegak hukum. Contoh penegak hukum yaitu, kepolisian, jaksa, hakim, advokat, dan lembaga pemasyarakatan. Setiap profesi memiliki kode etiknya masing-masing tegasnya. “Kode etik itu mengikat profesi. banyak kan, contoh pelanggaran kode etik yang terjadi baru-baru ini. Misalnya kasus Sambo, kasus MK. Itu semua pelanggaran kode etik.” Tutur Nurjusni.

Di akhir sesi, Dekan Fakultas Hukum UMB Dr Rangga Jayanuarto SH MH menyampaikan ke Pimpinan LKBH UMB Dr (C) Edy Sugiarto SH MH untuk terus melaksanakan kegiatan yang mengundang pejabat-pejabat negara lainnya untuk memotivasi mahasiswa dalam mengambil peran untuk mengisi pembangunan SDM berkemajuan di bidang hukum. Dalam kesempatan lain Ketua LKBH UMB Dr (C) Edy Sugiarto SH MH berharap kegiatan yang dilakukan dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan alumni untuk menghasilkan lulusan yang profesional, menjunjung kode Etik profesi nantinya, juga bertakwa kepada Allah SWT. LKBH UMB menerima mahasiswa/alumni yg mau belajar advokat ungkap Edi Sugiato.