Bertempat di aula Hasan Diin Kampus 4 Universitas Muhammadiyah Bengkulu dalam rangka kunjungan kerja di provinsi Bengkulu, Menteri Perdagangan RI Dr.Hc. Zulkifli Hasan menyapa mahasiswa UMB dalam kuliah umum dengan tema “Kiat Menjadi Entrepreneur Eksportir Sejak di Bangku Kuliah”, kuliah umum ini di selenggarakan oleh Pusat Kajian Sumber daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdangangan (PPRJP) Sekretariat Jenderal Kementerian Perdangangan dan Universitas Muhammadiyah Bengkulu pada 14 Juni 2024.

Selain dihadiri oleh Menteri Perdangangan Zulkifli Hasan, hadir juga Kepala Pusat PPEJP, Sugih Rahmansyah, fasilitator PPJEP, PT Nusa Berdaya, M. Andriza Syarifudin, rektor dan wakil rektor UMB, pimpinan fakultas ekonomi dan bisnis UMB serta mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Sugih Rahmansyah, MM. kepala PPJEP dalam sambutannya berharap mahasiswa UMB suatu hari nantinya menjadi eksportir muda dan dapat memulai langkahnya sejak di bangku kuliah. “Harapan kami, mahasiswa UMB bisa menjadi eksportir dan sukses di bidang ekspor dan kerjasama PPEJP dan Universitas Muhammadiyah Bengkulu dapat terus dilanjutkan”, ujarnya.

Sementara Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu Dr. Susiyanto, M.Si dalam sambutannya menyambut baik ajakan kerjasama PPEJP di waktu yang akan dating. Universitas Muhammadiyah Bengkulu selalu siap untuk menjalin kerjasama yang dapat mensupport kemajuan studi dan peningkatan skill mahasiswa, ujar rektor. “Pelatihan ini sangat bermanfaat karena mahasiswa kita sebagian berasal dari orang tua yang bergerak di sector pertanian seperti petani kopi, sawit, dan karet. Ini menjadi salah satu solusi untuk membantu perekonomian warga melalui ekspor bahan mentah,” ungkapnya. Dalam kesempatan yang sama rektor menyerahkan cenderamata dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu kepada PPEJP dan penandatanganan MoU antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan PPEJP.

Dalam sesi utama pelatihan, narasumber  M. Andriza Syarifudin menyampaikan kiat-kiat menjadi entrepreneur ekspor, salah satunya mengenai kunci sukses yang dirumuskan sebagai peluang bertemu dengan persiapan. “Peluang ditemukan begitu kalian berjejaring sebanyak-banyaknya,” tegasnya. Karenanya Andriza berharap mahasiswa UMB terus menjalin jejaring sebanyak mungkin semasa dalam studi sehingga jika kesempatan tiba sudah memiliki jejaring yang baik dan terstruktur untuk menyalurkan produk jasa dan komoditi yang dimiliki.

Menteri Perdagangan, Dr. (H.C.) H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M, dalam paparannya menyebut Indonesia pasti akan menjadi negara maju sebentar lagi, insyaAllah, asalkan kita mau. Kita akan dihormati oleh Barat jika kita pantas untuk dihormati. Selama kita belum pantas, mereka tidak akan menghormati kita,” terang Zulhas. Menteri Perdagangan yang juga kakak kandung Walikota Bengkulu dua periode Helmi Hasan ini berharap pelatihan yang diberikan dapat menjadi bekal yang berharga bagi mahasiswa. “Menjadi eksportir sukses dan di usia muda akan sangat berkontribusi bagi perekonomian nasional, Kemendag akan terus mensyupport lahirnay eksportir muda”, tegas Zulhas diakhir paparan materinya.

Kirim Pesan
Selamat ya sob, kamu sudah terhubung dengan admin Universitas Muhammadiyah Bengkulu, segera kirim pesanmu ya sob dan tim kami akan segera membalas.