FT UM BENGKULUEntrepreneurship (kewirausahaan) merupakan jiwa yang mesti ditumbuhkan pada setiap diri tak terkecuali mahasiswa. Pembelajaran diperkuliahan mewajibkan mahasiswa mengambil mata kuliah kewirausahaan. Usaha yang sejatinya menjadi garapan mahasiswa jurusan ekonomi saat ini sudah menjadi kebutuhan mahasiswa apapun program studinya, tak terkecuali Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu (FT UM BENGKULU). Menjawab kebutuhan mahasiswa untuk membangun jiwa bisnis serta menggali kemampuan menghasilkan produk dari jurusan yang diambil selama kuliah, FT UMB adakan kegiatan Workshop Nasional Technopreneurship pada 6-7 Februari 2024 di Hotel Mercure Bengkulu. Workshop dengan tema “Ignite Your Spirit” ini diselenggarakan guna menyiapkan lulusan FT UM Bengkulu memiliki jiwa entrepreneur sehingga mampu menciptakan lapangan kerja nantinya.

Wakil Dekan 1 FT UM Bengkulu – Gunawan dalam sambutannya menyebut workshop seperti ini akan memotivasi mahasiswa memiliki jiwa kewirausahaan. “Tantangan kedepan semakin menjadikan manusia mesti siap dan memiliki spirit yang kuat untuk terus berkarya dan inovasi guna memastikan bisa menjawab tantangan zaman untamanya kebutuhan akan ketangkasan di bidang teknologi informasi maupun sistem informasi”, tutur Gunawan. Dia menambahkan FT UM Bengkulu akan terus berupaya menjadikan lulusannya tidak hanya cakap dalam dunia IT, SI maupun arsitektur namun juga menanamkan jiwa phreneurship sehingga lulusan FT nantinya dapat menjadikan bekal ilmu yang di dapat dalam perkuliahan untuk bekerja maupun membnagun usaha yang mestinya bersingungan dengan ilmu yang di dapat di bangku perkuliahan.

Sementara itu Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu, RG Guntur Alam, Ph.D dalam sambutannya menyebut Technopreneurship bagi mahasiswa merupakan penggabungan teknologi dan kewirausahaan. “Mahasiswa perlu memahami teknologi terkini, berinovasi, dan mengembangkan produk atau layanan teknologi” tegas Guntur Alam. Lebih jauh beliau memastikan Keterampilan kewirausahaan, networking, dan pemahaman pasar sangat  penting disamping fleksibilitas, tanggung jawab sosial, serta etika bisnis menjadi faktor sukses seseorang. “Workshop Technopreneurship Ini akan menjadikan mahasiswa menjadi inovator dan pengusaha di era teknologi digital saat ini”, harap Guntur diakhir pengarahannya.

Di lain sisi Ketua Panitia Ardi Wijaya, M.Kom sekaligus ketua Program Studi Teknik Informatika UM Bengkulu menjelaskan pada workshop kali ini FT UM Bengkulu menghadirkan ragam nara sumber diantaranya Yusa Virginiawan Guntara, M.Kom, alumni TI UM Bengkulu selaku Owner Nandu Organizer, Miswandi, SE Owner Rumah Snack19, Dahlia Tambajong, SE Ketua HP3KI Provinsi Bengkulu, Rifyal Fajri, ST Pimpinan Cabang Bank Muamalat Bengkulu, dan Ranggi Dwinanda, S.Kom  Direktur PT. Jago Pedia Nusantara, Founder Profesional Skill Center Bengkulu dengan cakupan materi bisnis, personal branding dan public speaking. “Kegiatan ini diselenggarakan untuk mewujudkan visi keilmuan Program Studi di Fakultas Teknologi Universitas Muhammadiyah Bengkulu terutama pada Program Studi Teknik Informatika yang berfokus pada Software Engineering dan Sistem Informasi dengan penekanan pada Web Development” terang Ardi Wijaya. “Workshop seperti ini diharapkan mampu membangun spirit entrepreneur bagi mahasiswa sehingga setelah menyelesaikan studi mereka bisa menjadi pengusaha handal”, pinta Ardi Wijaya diakhir penjelasannya.