LPPM UM BENGKULU – Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah memastikan setiap dosen PTM/PTMA terlibat aktif dalam pendidikan dan pengajaran, Penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat  serta Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Peningkatan penelitian berbasis proposal pendanaan Kementrian Riset dan Teknologi menjadi spirit yang terus digelorakan oleh universitas Muhammadiyah Bengkulu guna mencapai target menjadi menjadi Universitas Unggul di masa depan.

Wakil Rektor Bidang Akademik UM Bengkulu, Drs. Kasmirudin, M.Si dalam sambutan pelatihan penyusunan proposal berbasis laman Bima mengatakan, “tahun ini target kita 50 persen dosen UM Bengkulu terlibat dalam penyusunan proposal dan berharap ada peningkatan jumlah proposal yang akan didanai oleh Kemenristek Dikti”. Lebih jauh Kasmirudin berharap 20-30 persen dari proposal yang dihasilkan tahun ini akan mendapat hibah Kemenristek Dikti. “Target kita persentase penerimaan dana hibah mencapai 20-30 persen dari proposal yang diajukan, karenanya saya mendorong LPPM UM Bengkulu terus memberikan pendampingan pada penyusunan proposal penelitian agar sesuai standar yang ditetapkan pemerintah melalui aplikasi bima”, tambahnya.

Sementara itu, Ketua LPPM UM Bengkulu Dr. Risnosanti, M.Pd menyebut pelatihan ini diselenggarakan 29 Januari hingga 1 Februari 2024. “kita libatkan semua fakultas dan dosen-dosen yang ada dalam proses pelatihan penyusunan proposal ini serta kita perkenalkan aplikasi Bima guna menampung semua proposal penelitian yang sesuai standarisasi yang diharapkan”. Lebih jauh menurut Doktor Program Studi Pendidikan Matematika akan memastikan ketepatan template dan model serta arah penelitian memastikan potensi penerimaan pendanan meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“untuk menjadi Universitas Unggul ketepatan dan jumlah penelitian yang didanai Kemenristek Dikti haru terus ditingkatkan selain itu penelitian yang diajukan mesti relevan dan kekinian sesuai tantangan keilmuan saat ini”, terang bunda sapaan akrab Risnosanti. Antusias dosen UM Bengkulu untuk mengikuti pelatihan penyusunan proposal setiap tahun terus meningkat dan kita berharap jumlah proposal terus bertambah setiap tahunnya, begitu juga jumlah penelitian yang didanai Kemenristek Dikti hendaknya terus meningkat. “teman-teman dosen harus terus aktif dalam penyusunan proposal penelitian, LPPM UM Bengkulu akan terus memberikan bimbingan dan arahan serta memberikan contoh bagaimana proposal yang didanai tahun-tahun sebelumnya sehingga akan menjadi modal teman-teman dalam penyusunan proposal penelitian sehingga target persentase yang dicanangkan WR 1 akan tercapai tahun ini” terang Risnanosanti penuh optimisme di sela-sela kesibukannya.