Bertempat di aula Hasan Dien Kampus IV Universitas Muhammadiyah Bengkulu hari ini Sabtu (23 Maret)

Ikatan Mahasiswa KIP-Kuliah mengadakan Pengkajian Ramadhan dengan mengusung tema Kesehatan Mental, Adad dan Akhlak. Pengkajian kali ini menghadirkan narasumber Dr. Sari Gunawan, S.KM.,MM dan Vera Febriana, S.Psi. “Kegiatan ini kita lakukan guna menanamkan kesadaran pada mahasiswa akan pentingnya akhlak dan paham dengan proses tumbuh kembang mental sehingga mahasiswa dapat menempatkan diri dan ambil bagian dalam setiap aktivitas diri maupun kontribusinya di tengah masyarakat”, ujar Rasman, M.Ikom kepala UPT Kemahasiswaan UMB.

Sementara itu wakil rektor III dalam sambutannya menekankan pentingnya generasi muda memahami karakter dan memiliki adab yang baik sehingga dapat menghargai orang lain. “Akhlak dan adab sangat penting kita junjung dan terapkan dalam kehidupan sehingga kita akan menjadi insan kamil, insan yang mulia dihadapan manusia maupun sang khalik”, tegas Surohim. Lebih jauh Surohim berharap kegiatan pengkajian seperti terus ditingkatkan dan digalakkan di masa mendatang. Disi lain Ustadz sari Gunawan dalam paparan materinya menekankan pentingnya akhlak sebagai kunci keberhasilan manusia. “Rasullah diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia” tegas Sari Gunawan. Akhlak yang teraktulisasi dalam kebiasaan, adap dan moral yang akan tampak dalam aktivitas keseharian kita tentu harus memiliki sandaran terbaik dan sumber contoh akhlak mulia sebagaimana Rasullah telah ajarkan.

Vera Febriana, S.Psi dalam makalah menyebut kesehatan mental adalah Kondisi yang memungkinkan perkembangan fisik, intelektual dan emosional yang optimal dari seseorang dan perkembangan itu selaras dengan orang lain. “Mental yang sehat adalah terwujudnya kerserasian yang sungguh sungguh antara fungsi fungsi kejiwaan dan terciotanya penyesuaian diri antara individu dengan dirinya sendiri dan lingkungannya berdasarkan keimanan dan ketaqwaan serta bertujuan untuk mencapai hidup bermakna dan bahagia di dunia dan akhirat”, ulas Febriana. Kesehatan mental tegasnya sangat penting untuk menjamin kita dapat menerima dan di terima oleh lingkungan kita sesuai dengan kapasitas kita. “Jika Anda mengkhawatirkan kesehatan mental anda, mulailah dengan mengajaknya berbicara orang lain” harap Febriana. Bicara dan terbukalah bagaimana perasaan anda, jangan ngurung diri dan jika perlu bantuan pemecahan datanglah pada tenaga professional yang dapat membantu pemecahan persoalan anda, pungkas Vera diakhir penjelasan materinya.