FAI UM BENGKULU – Memasuki Tahun Akademik 2024/2025, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Bengkulu, menerjunkan 32 mahasiswa untuk mengikuti program Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Seperti diketahui, PKL merupakan satu bentuk aktivitas perkuliahan yang mewajibkan mahasiswa terjun ke dunia kerja sesuai spesifikasi keilmuan yang dipelajari secara teori di kampus. PKL mengkombinasikan pembelajaran teori dan praktek langsung dengan melibatkan mahasiswa sebagai sumber penggali informasi dan produsen.

Dalam PKL tahun ini KPI UM Bengkulu menerjunkan mahasiswanya ke berbagai media lokal baik cetak maupun elektronik seperti BETV, TVRI, JMSI, UPT Humaspedia UM Bengkulu, UMB TV, Radio Jazirah dan media lainnya di Bengkulu yang akan berlangsung 29 Januari hingga 28 Februari 2024.

Ketua Program Studi KPI UM Bengkulu – Eti Efrina, M. Hum menyebut persyaratan mengikuti PKL adalah Semester 5 dan pelaksaannya pada saat akhir semester ganjil dan telah menyelesaikan matakuliah persyaratan PKL yang ditentukan prodi. “PKL media ini diperuntukkan bagi mahasiswa semester lima agar dapat beradaptasi dengan dunia kerja, memahami  prosedur dan proses kerja bidang media serta menghasilkan produk media dalam bentuk liputan jurnalistik, berita, konten media social, editing audio dan video serta memahami bagaimana proses distribusi pada publik” terang Eti Efrina.

Peliputan kegiatan kampus oleh Mahasiswa PKL KPI yang ditempatkan di UPT Humaspedia UM Bengkulu: Abdul Aziz Assidiq, Nur Saleha, Eka Putri, Nanda Apriandi, Novia Olin Fimala, Silvi Anastasya, dan Sandri Aprianto.

Sementara itu Wakil Dekan 1 Fakultas Agama Islam, Syukri Amin, M.A menyampaikan tujuan PKL media adalah mahasiswa mengenal secara langsung dan real kegiatan di industri media, terlibat dalam aktivitas media serta menerapkan ilmu yang di dapat selama proses perkuliahan. “Kami berharap mahasiswa dapat beradaptasi di lingkunagn media. menguasai dan dan mampu menghasilkan produk media sehingga ada kesinambungan pembelajaran teori dan praktek dilapangan” harap Syukri Amin.   Peserta PKL KPI UM Bengkulu Tahun 2024 – Abdul Aziz sangat bersyukur dengan penempatan di UPT Humaspedia UM Bengkulu. “Kami yang baru beberapa hari disini merasa sangat bersyukur dan tertantang untuk mampu menghasilkan produk media dengan bimbingan personil yang professional pada UPT ini.”