Sebanyak 17 (tujuh belas) mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) terdiri dari program studi PPKn (2 orang), Bahasa Inggris (3 orang), Matematiuka (3 orang), Biologi (2 orang), PGSD (2 orang), PAUD (3 orang) dan Pendidikan Olahraga (2 orang). Ketujuhbelas mahasiswa tersebut diterima secara resmi oleh Wakil Rektir I Bidang Akademik Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UM Bengkulu) pada Selasa 30 Januari 2024 di ruang rapat Kampus I dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik). Kegiatan KKN Dik ini berlangsung 29 Januari hingga 9 Maret 2024.

Dalam sambutannya Wakil Dekan I FKIP UMS, Maulida, Ph.D menyampaikan terimakasih atas sambutan baik yang diberikan UM Bengkulu dan berharap mahasiswa peserta KKN-Dik dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatannya dengan baik. Lebih lanjut Maulida berharap semua peserta KKN-Dik UMS dapat berbaur, mersakan dan mempelajari budaya serta adat kebudayaan masyarakat provinsi Bengkulu. “Saya berharap dukungan semua pihak agar anak-anak kami peserta KKN-Dik ini dapat menjalankan program serta mampu beradaptasi dengan lingkungan dimana saat ini di tempatkan”, harapnya di akhir sambutan.

Sementara itu dalam sambutannya Wakil Rektor I UMB, Kasmirudin, M.Pd mengarapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi keilmuan, wawasan, keterampilan dan pengalaman bagi peserta KKN-Dik dan amat bersyukur UMB menjadi tujuan dari dikirimnya mahasiswa UMS dalam program ini. “Saya berharap program ini bisa meningkatkan softskill dan lifeskill mahasiswa, memahami adat dan kebudayaan masyarakat Bengkulu serta membiasakan diri dengan kehidupan di Bengkulu”, terang Kasmirudin. Lebih jauh dia berharap kegiatan ini dapat menambah wawasan mahasiswa peserta program KKN-Dik UMS sehingga kesan postif selama di Bengkulu dapat dishare di daerah asalnya nanti.

Dekan Fakultas FKIP, Drs. Santoso, M.Pd merespon postif kegiatan ini, “semoga peserta KKN-Dik UMS betah di tempat yang baru, dapat mengambil pengalaman, akulturasi budaya dan membawa aura positif bagi mahasiswa FKIP UMB”. Sementara Fadhil, salah satu peserta menyampaikan apresiasi positif dari program ini, “kami sangat berterimakasih atas terlaksananya program ini, kami berkomitmen untuk berbuat sebaik mungkin dalam program ini, mengambil nilai positif dari Bengkulu, berbaur dan siap untuk berkolaborasi  dalam rangka menambah wawasan dan memperkuat silaturahim sesama warga persyarikatan”.

Kegiatan KKN-Dik merupakan bentuk partnership FKIP UMB dan FKIP UMS dalam merealisasikan pertukaran mahasiswa antar universitas sebagaimana telah terjalin selama ini dalam bentuk Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Diakhir kegiatan penerimaan resmi ini diisi sesi foto bersama, Wakil Rektor I UM Bengkulu Drs. Kasmirudin, M.Si., Wakil Rektor III UM Bengkulu Surohim, M.S.I., Dekan FKIP UM Bengkulu Drs. Santoso, M.Si., Wakil Dekan 1 FKIP-UMS Maulida Halwat Hikmah, P.hD, Wakil Dekan dan Ketua Program Studi di lingkungan FKIP UMB serta stakeholder program KKN-Dik yakni Kepala SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu, Kepala SMP Terpadu Muhammadiyah dan PCM Bengkulu 3 Kota Bengkulu.