FT UM BENGKULU – Kompetensi menjadi tujuan akhir dari setiap aktivitas perkuliahan. Kombinasi antara perkuliahan teori dan praktek menjadi dua hal yang tak dapat dipisahkan. Praktek kerja lapangan merupakan aktualisasi dari dua konsep tersebut guna maemastikan lulusan memiliki kompetensi akademik dan praktek di lapangan. “Fakultas Teknik UM Bengkulu memiliki visi menjadikan lulusan kompeten dan tepat waktu, karenanya kegiatan PKL ini menjadi sangat penting agar lulusan FT siap berkompetisi di dunia kerja ataupun menjadi entrepreneur di bidang teknologi”, terang Gunawan, M.Kom selaku Wakil Dekan 1 FT-UM Bengkulu.

Gunawan menerangkan tahun ini kita menerjunkan 126 mahasiswa terdiri dari 91 mahasiswa dan 35 mahasiswi dengan anggota 4-5 mahasiswa perkelompok. Sasaran penempatan PKL ini adalah 32 Instansi internal dan eksternal yang terdiri dari 26 eksternal, 4 instansi internal dan 2 Perusahaan. “kita distribusikan mahasiswa PKL FT pada 16 instansi pemerintah, 10 institusi pendidikan, 4 instansi internal dan 2 perusahaan” jelas Gunawan. Pelaksanaan kegiatan PKL tahun ini di mulai 1 Februari hingga 1 Maret 2024 .

Adapun perusahaan yang menjadi penempatan PKL adalah Bank Mandiri KCP Padang Jati dan PT Persada Bengkulu. Instansi Pemerintah tersebar di Kelurahan Kebun Kenanga, Kelurahan Pasar melintang, Sekretariat DPRD kota Bengkulu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, UPTD Pasar Baru Kota, Balai wilayah sungai Sumatera dan Dinas Pariwisata kota Bengkulu, MBKM dan Dinas Perkim Bengkulu Utara, Dinas Perindustrian dan perdagangan provinsi Bengkulu, Dispora Provinsi, Dinas Parawisata, Kantor KPU Provinsi Bengkulu. Adapun sebaran Instansi Pendidikan terdiri dari SDN 07, SMKN 4, SD Muhammadiyah 1, SDN 48, SDN 51, SDN 43, SDN 04, SDN 48, SDN 03, dan SDN 6 Kota Bengkulu. Sementara di lingkungan UM Bengkulu mahasiswa PKL ditempatkan di UPT Perpustakaan, LPMPP, PMB dan Falkuktas Teknik UM Bengkulu.

Lebih lanjut Gunawan, M.Kom memastikan sebelum diterjunkan PKL, mahasiswa telah diberikan pembekalan dan kesiapan akan hal-hal yang akan di temui di lapangan sehingga mereka siap secara mental dan kompentensinya sehingga pelaksaan PKL lancar dan memerikan pengalaman bagi mahasiswa. Di tanya soal tindak lanjut PKl ini akan memastikan wawasan mahasiswa bertambah dan membantu setiap instansi yang belum ada program digitalisasi serta memberi solusi dalam perancangan dan pembuatan aplikasinya sehingga proses digitalisasi pada setiap lini lebih pasti dan baik dalam penerapannya.

Salah seorang mahasiswa peserta PKL di SD Muhammadiyah 1 Kebun Ros Kota Bengkulu, Nur Fath Irsaz mahasiswa program studi Teknik Informatika mengatakan, “dari hasil koordinasi kami dengan Bapak Kepala Sekolah, diketahui bahwa sekolah membutuhkan program sistem informasi perpustakaan, penambahan jaringan untuk laboratorium komputer dan pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva.” Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Kebun Ros Kota Bengkulu, Sainul Effendi, S.Pd.I. mengatakan pihaknya sangat menyambut baik kehadiran mahasiswa fakultas teknik UM Bengkulu, “Kami sangat bahagia atas kehadiran mahasiswa teknik UM Bengkulu dan berharap agar para mahasiswa segera beradaptasi dengan guru dan lingkungan sekolah, dan yang lebih penting adalah memaksimalkan semua potensi yang kalian miliki untuk membantu sekolah khususnya dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung kelancaran proses pembelajaran.” Ujar Sainul saat penyambutan mahasiswa PKL.