Era 5.0 kian santer dibicarakan akhir-akhir ini. Kecanggihan teknologi dan keakraban manusia pada kecanggihan dan kecepatan informasi dan teknolgi menjadi tuntutan yang tak bisa dielakkan pada era ini, kesiapan milenial dalam pergesaran komunikasi dan keintiman dengan teknologi menjadikan kita mesti bersiap diri atas derasnya arus perubahan teknologi. Menjawab akan kebutuhan dan kesiapan mahasiswa dalam menyambut era 5.0 dengan kesiapan hard soft skill, Himakom UMB gelar seminar nasional dengan tema Optimalisasi Hard Skill dan Soft Skill Mahasiswa di Era 5.0. 

Seminar yang dihadiri oleh mahasiswa ILmu Komunikasi UMB dan perwakilan mahasiswa PTN dan PTS di Bengkulu berlangsung meriah dan penuh wawasan baru bagi mahasiswa. Seminar nasional kali ini menghadirkan dua narasumber; Aprizal Aswari S.IP M.SI dan Kurniawan Dwi Putra. Dalam paparan materinya Aprizal focus pada peningkatan Softskill mahasiswa melalui public speaking. “Era 5.0 mengharuskan kita memiliki jaringan dan public speaking yang baik, ilmu yang di dapat di kampus tanpa aplikatif dilapangan dengan membangun jaringan dan kolega baik dirasa belum cukup tanpa diimbangi dengan kemampuan komunikasi yang baik”, tegas Aprizal. Selain kemampuan kognitif, kecerdasan dan kemampuan komunikasi sangat beroeran pada kesuksesan seseorang di masa mendatang, tegasnya.

Sementara itu, Kurniawan Dwi Putra:dalam materinya menyoroti pentingnya kita memiliki kemampuan seputar Fotografi & Desain grafis. “Era 5.0 akan menuntut kita mesti manguasai penggunaan aplikasi kekinian yang menjamin kita terus update dan tidak ketinggalan zaman, kemampuan fdotografi dan desain grafis sangat dituntut pada era ini”, jelas Kurniawan. Kita dorong mahasiswa untuk berusaha menguasai apa saja yang berhubungan dengan grafis dan fotografi karena dunia kedepan menuntut manusia dapat me\mvisualkan apa yang menjadi ide dan pemikiran dalam bentuk grafis, “Jangan pernah mudah menyerah, terus gakli potensi dan kembangkan kemampuan softskill dan hardskill anda dalam bidang apasaja yang penting bernilai positif”, pungkas Kurniawan. Terpisah, dekan FISIP Dr. Juliana Kurniawati memastika FISIP UMB akan terus melakukan inovasi demi memastikan lulusan FISIP mumpuni dalam bidangnya. “Kita terus akan lakukan pembekalan dan peningkatan kemampuan, hingga kita berharap lulusan FISIP UMB nantinya siap diserap didunia kerja dan menciptakan lapangan kerja sendiri”, harap Juliana optimis.

Kirim Pesan
Selamat ya sob, kamu sudah terhubung dengan admin Universitas Muhammadiyah Bengkulu, segera kirim pesanmu ya sob dan tim kami akan segera membalas.