Dalam upaya membekali mahasiswa dengan keterampilan praktis di era digital, Universitas Muhammaddiyah Bengkulu (UM Bengkulu) bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) menggelar Program Sinergi Edukasi Publik (PSEP) Pelatihan & Uji Kometensi Profesi Skema “Digital Marketing”.  Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa- mahasiwa akhir yang memiliki semangat untuk memperluas wawasan dan kemampuan mereka di bidang pemasaran digital. 

Acara yang dilaksanakan selama tiga hari 6-8 Agustus 2025 di Gedung Aula Hasan Dien UM Bengkulu, dan diikuti sebanyak 100 mahasiswa yang siap dalam pelatihan sertifikat. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pemasaran yang menggunakan media digital sebagai sarana untuk mempromosikan produk dan jasa kepada konsumen.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor UM Bengkulu Dr. Susiyanto, M.Si. dan dihadiri Kepala Perwakilan BI provinsi Bengkulu, Wahyu Yuwana Hidayat. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya penguasaan teknologi dan pemasaran digital di tengah perkembangan zaman. ”Sertifikat profesi ini merupakan salah satu yang dipertimbangkan oleh instansi-instansi untuk menerima sebagai karyawan ataupun pegawai, hal ni penting karena kedepan bagi mahasiswa yang memiliki sertifikasi profesi dengan membekali ilmu dan juga peraktek pelatihan, sertifikasi itu bukan sertifikat-sertifikat biasa ini adalah sertifikat profesi yang ditandatangani oleh BNSP”, Ujar rektor

Sementara kepala perwakilan Bank Indonesia provinsi Bengkulu Wahyu Hidayat menyebut Uji sertifikasi tidak hanya memberikan pengakuan atas kompetensi seseorang, tetapi juga memberikan manfaat yang luas bagi industri digital marketing secara keseluruhan. Dengan adanya sertifikasi, perusahaan-perusahaan dapat lebih mudah dalam menyeleksi kandidat yang berkualitas untuk mengisi posisi-posisi yang dibutuhkan. Selain itu, sertifikasi juga menjadi alat ukur yang objektif dalam menilai kualitas sumber daya manusia dalam sebuah organisasi. “Digitalisasi merupakan era yang harus kita kuasai bersama. Dunia saat ini bergerak ke arah yang semakin digital, dan mahasiswa harus mampu menguasai keterampilan yang relevan untuk bertahan dan bersaing. Melalui kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya akan mendapatkan pemahaman teoretis tetapi juga pengalaman praktis yang bisa langsung diterapkan”, ujar Wahyu

Dibagian lain kepala UPT Kemahasiswaan Rasman, M.I.Kom menyebut kegiatan ini merupakan upaya UM Bengkulu menyiapkan lulusan yang kompeten. “Kita di Kemahasiswaan memiliki Career Development Center (CDC), bidang ini akan menyiapkan calon lulusan yang teruji, kompeten dan siap kerja, pelatihan dan uji kompetensi ini merupakan bagian dari pengembangan potensi dan penyiapan lulusan UM Bengkulu khususnya pemahaman mereka tentang Digital marketing yang hari-hari ini menjadi perbincangan public,” jelas Rasman. Tak lupa dia mengucapkan terimakasih pada Bank Indonesia perwakilan provinsi Bengkulu yang telah memfasilitasi kegiatan ini dan berharap kolaborasi kedepan akan terus terjalin dengan baik. “Terimakasih Bank Indonesia,” tegasnya disela-sela kegiatan.

Bagikan
Kirim Pesan
Selamat ya sob, kamu sudah terhubung dengan admin Universitas Muhammadiyah Bengkulu, segera kirim pesanmu ya sob dan tim kami akan segera membalas.