Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) terus berupaya meningkatkan kualitas layanan. Hal ini sejalan dengan semangat sebagai kampus bersertifikat International Oganization for Standardization ISO 21001:2018.
Rektor UMB Dr Susiyanto MSi mengakui semakin tingginya kepercayaan masyarakat kepada Universitas Muhammadiyah Bengkulu menjadi dorongan yang kuat untuk kampus ini melakukan berbagai pengembangan. “Kepercayaan masyarakat yang sedemikian besar harus kita jawab dengan peningkatan pelayanan, sistem informasi menjadi salah satu bagian yang utama dalam menunjang pelayanan. Untuk itu kita selalu mensuport UPT Teknologi, Informasi dan Komunikasi, yang notabene diisi oleh anak-anak muda energik dengan kompetensi IT yang handal untuk terus mengembangkan sistem informasi terintegrasi demi menjamin kemudahan, efisieni, dan efektivitas pelayanan bagi para mahasiswa dan seluruh stakeholder kampus”.
Sistem Informasi Mahasiswa Baru
Untuk memudahkan calon mahasiswa dalam mendaftar kuliah, UMB telah mengembangkan sebuah aplikasi canggih bernama SIMARU (Sistem Informasi Mahasiswa Baru) yang dapat diakses pada https://simaru.umb.ac.id. Melalui laman ini, calon mahasiswa baru UMB dapat melakukan pendaftaran kuliah secara online dengan mudah baik melalui smartphone maupun PC/Laptop.
Sistem Informasi Akademik
Dosen dan mahasiswa UMB, dapat dengan mudah mengkases dan mengelola informasi melalui aplikasi SIKAMU (Sistem Informasi Akademik Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang dapat diakses pada https://sikamu.umb.ac.id. Melalui laman ini, dosen dapat mengakses informasi jadwal perkuliahan, jadwal mahasiswa bimbingan akademik, mahasiswa bimbingan KRS, daftar mahasiswa bimbingan tahun akademik, dan informasi lainnya. Dosen juga dapat melakukan pengelolaan data niliai akademik mahasiswa sesuai dengan mata kuliah yang diampunya.
Melalui aplikasi SIKAMU ini, mahasiswa dapat dengan mudah mengakses informasi akademik seperti kalender akademik, jadwal perkuliahan, jadwal bimbingan akademik, pengisian dan pembimbingan KRS, jadwal UTS dan UAS, jadwal semprop, jadwal sidang skripsi, nilai mata kuliah, keuangan, dan informasi lainnya. Mahasiswa juga dapat melakukan pengisian KRS (Kartu Rencana Studi) secara online dengan mudah baik melalui smartphone.
Sistem Informasi Perpustakaan Pusat Literasi Digital
Mahasiswa UMB semakin dimanjakan dengan hadirnya beragam aplikasi canggih yang dikelola oleh UPT Perpustakaan UMB. Perpustakaan Universitas dengan nilai Akreditasi A ini, menyajikan aplikasi yang menarik dan mudah diakses baik oleh dosen maupun mahasiswa. Dosen dan mahasiswa dapat mengakses berbagai literasi digital berupa buku perkuliahan, artikel, jurnal, skripsi, tesis, dan referensi lainnya melalui laman https://perpustakaan.umb.ac.id. yang cukup mudah untuk diakses melalui smartphone. Harapannya dosen, karyawan, dan mahasiswa dapat memanfaatkan keberadaan beragam aplikasi dalam upaya pengembangan diri.
Sistem Informasi Presensi dan Kinerja
Terbaru UMB telah membangun aplikasi presensi Dosen dan Karyawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Melalui aplikasi bernama SISENJA (Sistem Informasi Absensi dan Kinerja) ini, dosen dan karyawan UMB melakukan presensi kedatangan dan kepulangan, selanjutnya dapat menginput daftar kinerja harian pada halaman kinerja. Aplikasi SISENJA ini dapat diakses melalui https://presensi.umb.ac.id. Aplikasi ini diharapkan akan meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja pegawai UMB.
Palang Pintu Kendaraan Otomatis
Untuk menjamin rasa aman dan nyaman bagi dosen, karyawan, mahasiswa, dan masyarakat, saat ini UMB telah membangun barrier gate. Sistem ini merupakan fasilitas keamanan yang berfungsi sebagai palang pintu otomatis bagi kendaraan yang akan masuk dan keluar kampus dengan menggunakan sensor pendeteksi. Pengguna cukup mengarahkan kartu khusus barrier gate ke alat sensor yang telah disediakan.
Tinggalkan Balasan