Visi dan Misi

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta percepatan pencapaian tujuan pendidikan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah sebagai sebuah implementasi gerakan amar ma’ruf nahi mungkar, perumusan visi Universitas Muhammadiyah Bengkulu mendasarkan atas pencapaian keseimbangan antara cerdas intelektual, emosional dan spiritual. Oleh sebab itu, visi yang dirumuskan adalah sebagai berikut:

VISI :

Visi Universitas Muhammadiyah Bengkulu adalah menjadi perguruan tinggi terdepan dalam IPTEKS dan peradaban kampus yang Islami pada tahun 2028.

MISI :

Keberadaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebagai perguruan tinggi yang bersendi kepada nilai-nilai Islami dalam mempersiapkan generasi penerus yang mumpuni, cerdas, dan kompetitif, maka misi yang diemban merupakan aktualisasi konkrit dari pengejawentahan nilai-nilai Islami tersebut. Oleh sebab itu gerak langkah dan aktualisasinya adalah cermin dari misi mulia yang tidak sekedar pemanis bibir, tetapi sebuah tekad yang akan bermuara kepada tujuan bagi terbentuknya pribadi-pribadi berakhlak mulia yang akan meneruskan keberlangsungan persyarikatan khususnya maupun Bangsa Indonesia pada umumnya.

Orientasi inilah yang menjadikan misi Universitas Muhammadiyah Bengkulu disusun dengan tetap mengutamakan dan menempatkan diri sebagai lembaga pendidikan tinggi yang kredible dan kapable, terutama dalam mempersiapkan lulusannya sehingga menjadi pribadi yang cerdas dan siap berkompetisi didunia kerja. Misi yang dimaksudkan adalah sebagai  berikut:

Misi Universitas Muhammadiyah Bengkulu adalah :
a. Melaksanakan Catur Dharma Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang terdiri atas pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, serta Al-Islam dan Kemuhammadiyahan secara kompetitif dan sustainble.
b. Menciptakan iklim akademis yang islami sebagai pelopor pembaharuan (Gerakan tajdid) amar ma’ruf nahi munhkar.
c. Meningkatkan kualitas sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
d. Meningkatkan kompetensi lulusan Universitas Muhammadiyah Bengkulu melalui program-program akademik yang strategis dan komprehensif.

TUJUAN :

Tujuan Universitas Muhammadiyah Bengkulu adalah :
a. Terwujudnya Universitas yang unggul dalam bidang IPTEK.
b. Menghasilkan kepribadian Islam, berkualitas, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlaq mulia, memiliki kemampuan akademik, profesional terampil dan inovatif serta mampu mengembangkan dan menerapkan IPTEKS.
c. Terciptanya karya kreatif dan inovatif dalam pengembangan IPTEKS yang berwawasan lingkungan untuk mendukung pembangunan nasional dan memperbaiki kesejahteraan ummat.
d. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengaplikasikan IPTEKS.
e. Terwujudnya hubungan antar sivitas akademika yang harmonis, kondusif dan islami.
f. Terwujudnya pendidikan dan keterampilan tenaga edukatif dan administrasi dalam rangka membarikan pelayanan yang prima.
g. Terciptanya Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebagai lembaga Pendidikan Tinggi yang siap menghadapi tuntutan masyarakat dan tantangan pembangunan yang berubah dengan cepat baik secara nasional maupun global.
h. Terselenggaranya program akademik dan profesional, sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan dunia usaha (link and match).
i. Terwujudnya Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebagai kekuatan moral dalam masyarakat Indonesia yang madani.