UM Bengkulu Tuan Rumah Pelatihan Pengoperasian dan Pemeliharaan PLTS Rooftop Se-Sumbagsel

Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMBengkulu) menjadi tuan rumah dalam kegiatan pelatihan pengoperasian dan pemeliharaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) rooftop bagi operator penerima manfaat infrastruktur PLTS yang diadakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.
Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari yakni dari tanggal 4-5 Oktober 2022 di Hotel Tanjung Karang Kota Bengkulu. Selain UMBengkulu, pelatihan tersertifikasi ini juga diikuti oleh berbagai instansi yang berada di kawasan sumatera bagian selatan diantaranya PU Kota Pagaralam, Rumah Sakit Sekayu, Prabumulih 2 orang, Kantor Bupati Manna, Baitul Izzah, dan Kota Jambi.

Kepala ESDM Provinsi Bengkulu, Ir. Mulyani dalam sambutannya menyampaikan harapan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan dari awal sampai akhir dengan baik dan focus. “Pelatihan ini akan dilaksanakan selama dua hari dan pada hari kedua nanti akan dilaksanakan praktek lapangan di Kampus 4 Universitas Muhammadiyah Bengkulu,” katanya.
Lebih lanjut Mulyani mengatakan, kegiatan pendidikan dan pelatihan teknis pengoperasian pemeliharaan pembangkit listrik tenaga surya rooftop bertujuan untuk menghasilkan tenaga teknik yang mampu melakukan pengoperasian pemeliharaan dan penanganan gangguan pada PLTS rooftop. (nov)