Semnas Bulan Bahasa Kupas  Internasionalisasi Bahasa Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) hari ini, Senin/24/10/2022 sukses mengadakan Seminar Nasional Mentari Rafflesia VIII dengan tema “Internasionalisasi Bahasa Indonesia, Tantangan dan Upaya” bertempat di Gedung Hasan Din Kampus IV.

Demikian disampaikan Ka.Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Dr. Eli Rustinar, M.Pd saat memberikan laporan pada pembukaan acara tersebut. “Seminar nasional ini dilaksanakan dalam rangka memperingati bulan bahasa yang diadakan setiap tahunnya,” katanya.

Lebih lanjut Eli mengatakan, seminar nasional ini dilaksanakan secara hybrid dan diisi oleh 3 nasumber berkompeten  yaitu, Prof. Dr. Arono, M.Pd (Unib), Dr. Dewi Kusumaningsih, M.Hum (Univet Bangun Nusantara), Prof. Dr. Syarnudin, M.Pd (UMB). Selain seminar nasional peringatan bulan bahasa juga diselenggarakan berbagai lomba yakni, lomba Cipta Puisi diperuntukkan untuk guru-guru SMA, SMK, dan MA, lomba baca puisi untuk pelajar dan dosen, Stand Up Comedy, dan Lomba Futsal.

Sementara  itu Wakil Rektor II, Dr. Ririn Harini, MP mewakili Rektor dalam sambutannya  mengapresiasi kegiatan seminar nasional yang diadakan oleh prodi bahasa indonesia dan sastra indonesia .  Ririn berharap dengan seminar nasional ini nantinya menjadi bahan dukungan untuk menjadikan bahasa indonesia menjadi bahasa resmi internasional selain bahasa inggris minimal dikawasan asia tenggara.

“Kita berharap dengan adanya seminar nasional ini semakin menguatkan dukungan terhadap bahasa indonesia menjadi bahasa internasional minimal dikawasan asia tenggara,”ujarnya. (humas)