Rektor UNP:  POMNAS XVII 2022 Pertandingkan 14 Cabor, diikuti 8948 Peserta dan Perebutkan 1274 Medali

Kontingen POMNAS BENGKULU saat mengikuti Pembukaan POMNAS XVII 2022

PADANG – Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional ke-17 ( POMNAS XVII ) tahun 2022 ini seyogyanya digelar pada tahun 2021, namun karna pandemi covid-19 akhirnya  baru dapat dilaksanakan pada tahun 2022 di Kota Padang Sumatera Barat.

Atlit, Official dan Pelatih UM Bengkulu bersama Wakil Rektor III UM Bengkulu setelah mengikuti pelepasan atlit oleh BAPOMI Provinsi Bengkulu

Kegiatan ini digelar selama 10 hari, mulai tanggal 16-26 November 2022. Pada POMNAS XVII ini mempertandingkan 14 cabang olahraga yaitu atletik, bulu tangkis, karate, pencak silat, renang, bola basket, bola volly, futsal, petanque, sepak takraw, tarung derajat, tennis, panjat tebing dan tae kwon do.

Baca Juga : Bapomi Bengkulu Lepas 93 Atlit POMNAS

Sebanyak 8948 peserta yang terdiri dari atlit, official dan pelatih akan memperebutkan 1274 keping medali yang terdiri dari 368 medali emas, 368 perak dan 538 perunggu.

Kontingen POMNAS Provinsi Bengkulu

Even olahraga dengan 166 nomor lomba ini melibatkan 408 perguruan tinggi di indonesia dengan dukungan veneu, sarana dan prasarana olahraga berstandar nasional dan internasional serta pertandingannya akan di pimpin oleh 455 wasit dari 34 provinsi di Indonesia.

Rektor UNP Prof. Drs. Ganefri, M.Pd., Ph.D. menyampaikan POMNAS kali ini mengangkat tema “Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, berprestasi lebih hebat”, dengan tujuan Pertama; memupuk dan meningkatkan persatuan, kebersamaan dan persahabatan antar mahasiswa,  memupuk kesadaran berbangsa dan bernegara, pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Kedua; mengembangkan minat dan bakat olahraga mahasiswa, meningkatkan kebugaran jasmani, disiplin dan sportifitas mahasiswa  dan meningkatkan, mengembangkan prestasi olahraga mahasiswa, dan olah raga nasional. Ketiga; membantu pemerintah dalam meningaktkan dan mengembangkan prestasi olahraga nasional dan internasional. Keempat; menanamkan pendidikan karakter mahasiswa melalui olahraga.

Kelima; even POMNAS XVII tahun 2022 juga diharapkan dapat mensukseskan program merdeka belajar kampus merdeka di mana dapat menghasilkan output mahasiswa yang berkarakter, beradab, jujur, berani dan pancasilais, cerdas, mandiri melalui kegiatan olah raga, hingga siap terjun di tengah masyarakat. (humas umbengkulu)