Rektor UMB Buka Secara Resmi AIPNEMA Se-Indonesia

Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), Dr. Susiyanto, M.Si secara resmi membuka kegiatan Rapat kerja tahunan anggota Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Muhammadiyah ‘Aisyiyah (AIPNEMA) Se-Indonesia 2022 dan Seminar Internasional, Kamis (13/10/2022) di Hotel Mercure Bengkulu.

Dalam sambutannya Susiyanto mengucapkan rasa bangganya atas penunjukkan UMB sebegai tuan rumah penyelenggaraan AIPNEMA yang berlevel nasional dan siap mensukseskan. “Ketika menerima informasi ditunjuknya UMB sebagai tuan rumah AIPNEMA saya langsung menyatakan UMB siap, dan seluruh pimpinan akan mendukung penuh,” katanya. Penunjukan UMB sebagai tuan rumah dalam kegiatan tersebut merupakan kepercayaan besar pengurus pusat AIPNEMA terhadap UMB yang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Provinsi Bengkulu yang berada dibawah naungan Muhammadiyah.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Susiyanto berpesan bagaimana institusi-institusi penyelenggara pendidikan Ners terutama di Perguran Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah  harus bergandengan tangan atau bersinergitas untuk mengembangkan prodi ini kedepan lebih baik. “Bukan hanya formalitas hanya mengejar akreditasi Unggul semata tetapi bisa menghasilkan tenaga-tenaga kesehatan yang berkualitas,” tambahnya.

Ketua AIPNEMA Pusat, Dr. Mundzakir, S.Kep.,Ns.,M.Kep dalam sambutannya memberikan apresiasi yang besar kepada UMB sebagai tuan rumah telah memfasilitasi kegiatan AIPNEMA dengan baik.

Rapat kerja tahunan anggota AIPNEMA merupakan pertemuan tahunan yang dilakukan untuk melakukan koordinasi dan membahas issue strategis sekitar kebijakan dunia pendidikan keperawatan. . Penyelenggara institusi pendidikan keperawatan memiliki kewajiban untuk dapat melakukan peningkatan mutu dan kualitas institusi agar dapat menghasilkan lulusan sesuai dengan standar kompetensi lulusan. Untuk mewujudkan peningkatan kualitas mutu tersebut, diperlukan pengembangan dan perbaikan dalam berbagai bidang, termasuk didalamnya memperkuat sinergitas dengan amal usaha Muhammadiyah terkait yaitu Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU).

“Tujuan dalam Rapat Tahunan Anggota AIPNEMA 2022 adalah mengevaluasi dan merancang program kerja pengembangan institusi pendidikan keperawatan dalam upaya sinergi antar amal usaha terkait dan sharing pengalaman pengelolaan pendidikan antar anggota Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Muhammadiyah ‘Aisyiyah,” jelasnya.

Kegiatan AIPNEMA diikuti oleh 81 orang yang mewakili PTMA dari sabang sampai merauke, yaitu UM Banjarmasih, Universitas ‘Asyiyah Surakarta, UM Kalimantan Timur, UM Purwokerto, UM Malang, UM Kudus, UM Jakarta, UM Tanggerang, UM Yogyakarta, Universitas ‘Asyiyah Yogyakarta, Universitas ‘Asyiyah Klaten, UM Surakarta, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, UM Semarang, UM Pringsewu, STIK Muhammadiyah Pontianak, Institut Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Palembang, UM Surabaya, UM Ponorogo, STIKes Muhammadiyah Lhoksumawe, Polikteknin Sumatera Barat, UM Pekajangan Pekalongan, Institut Ilmu Kesehatan dan Sains Sidrap, UM Jember, UM Riau, STIKes Muhammadiyah Ciamis, UM Ciamis.

Selain rapat tahunan anggota AIPNEMA dengan agenda presentasi pakar, sidang komisi, konsolidasi dan konsultasi. Juga akan diselenggarakan seminar internasional diisi oleh pemateri dari Tokuhsima University, Jepang, Prof. Tetsuya Tanioka, RN, MA, MSN, Ph.D., FAAN. (humas)