Jadi Tuan Rumah, UMB Siap Sukseskan AIPNEMA Se-Indonesia

Rapat kerja tahunan anggotaAsosiasi Institusi Pendidikan Ners Muhammadiyah ‘Aisyiyah (AIPNEMA) Se-Indonesia 2022 dan Seminar Internasional pada 13 – 15 Oktober 2022 mendatang akan dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB). Penunjukan UMB sebagai tuan rumah dalam kegiatan tersebut merupakan kepercayaan besar pengurus pusat AIPNEMA terhadap UMB yang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Provinsi Bengkulu yang berada dibawah naungan Muhammadiyah.

“Penunjukan UMB sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan AIPNEMA merupakan hasil dari rapat kerja tahunan anggota 2 tahun lalu, InsyaAllah kita siap sukseskan kegiatan tersebut,” jelas Dr. Eva Oktavidianti, M.Si selaku Dekan Fikes UMB yang juga penanggung panitia lokal AIPNEMA, senin (10/10/2022) diruang kerjanya.

Dijelaskan Eva panggilan akrabnya, Rapat kerja tahunan anggota AIPNEMA merupakan pertemuan tahunan yang dilakukan untuk melakukan koordinasi dan membahas issue strategis sekitar kebijakan dunia pendidikan keperawatan. . Penyelenggara institusi pendidikan keperawatan memiliki kewajiban untuk dapat melakukan peningkatan mutu dan kualitas institusi agar dapat menghasilkan lulusan sesuai dengan standar kompetensi lulusan. Untuk mewujudkan peningkatan kualitas mutu tersebut, diperlukan pengembangan dan perbaikan dalam berbagai bidang, termasuk didalamnya memperkuat sinergitas dengan amal usaha Muhammadiyah terkait yaitu Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU).

“Tujuan dalam Rapat Tahunan Anggota AIPNEMA 2022 adalah mengevaluasi dan merancang program kerja pengembangan institusi pendidikan keperawatan dalam upaya sinergi antar amal usaha terkait dan sharing pengalaman pengelolaan pendidikan antar anggota Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Muhammadiyah ‘Aisyiyah,” tambahnya.

Selain rapat tahunan anggota AIPNEMA dengan agenda presentasi pakar, sidang komisi, konsolidasi dan konsultasi. Juga akan diselenggarakan seminar internasional diisi oleh pemateri dariTokuhsima University, Jepang, Prof. Tetsuya Tanioka, RN, MA, MSN, Ph.D., FAAN.

Sementara itu Rektor UMB, Dr. Susiyanto, M.Si menyatakan bahwa UMB sebagai tuan rumah akan mendukung penuh pelaksanaan AIPNEMA dan seminar Internasional. “InsyaAllah kita siap mensukseskan kegiatan AIPNEMA dan mendukung penuh demi suksesnya acara tersebut,” katanya.

Susiyanto berharap panitia dapat bekerja dengan maksimal mempersiapkan segala sesuatunya sehingga tidak ada nantinya kekurangan dalam penyelenggaraan AIPNEMA. Karena suksesnya penyelenggaraan akan berimbas pada nilai positif bagi UMB. (humas)