UM Bengkulu Sabet Dua Penghargaan PTS Terbaik 2 di Lingkungan LLDIKTI Wilayah II

Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) kembali membuktikan sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDKITI) Wilayah II yang melingkupi 4 provinsi yaitu, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung. Penghargaan tersebut diberikan bersaman dengan kegiatan rapat kerja pimpinan PTS yang diadakan oleh LLDIKTI Wilayah II di Provinsi Lampung belum lama ini (9/10). Penerimaan penghargaan tersebut diterima oleh Wakil Rektor I, Dr. Rifa’I, M.Pd mewakili Rektor UMB dan diserahkan langsung oleh Kepala LLDikti Wilayah II Prof. Yuliansyah, SE, MSA, PhD, Akt, CA.

Dalam keterangannya WR I mengatakan dua penghargaan yang didapat oleh UMB tersebut yaitu, peringkat ke 2 kelompok Universitas berdasarkan Pengembangan Karir Dosen dan peringkat ke 2 berdasarkan Jumlah Judul, Hibah Penelitian tahun 2021. “Alhamdulillah kita dapat dua penghargaan yaitu, pengembangan karir dosen dan berdasarkan jumlah judul, hibah penelitian, kesemuanya peringkat ke 2,” jelasnya.

Sementara itu Rektor UMB, Dr. Sakroni, M.Pd mengucap syukur, instansi yang dipimpinnya kembali mendapatkan dua penghargaan sekaligus yang diberikan LLDIKTI Wilayah II belum lama ini. Prestasi yang membanggakan itu menurutnya tidak lepas dari usaha seluruh civitas akademika  dalam meningkatkan kualitas akademik maupun pelayanan.

 “Saya sangat bersyukur dan berterimakasih sekali atas prestasi yang diraih UMB dinobatkan dua penghargaan sekaligus di lingkungan LLDikti Wilayah II yang meliputi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung,” kata rektor saat ditemui ruangannya (25/12).

Rektor menuturkan, pemeringkatan dari LLDKITI tersebut dilakukan berdasarkan penilaian kinerja kelembagaan. Diantarannya bagaimana usaha dari lembaga dalam meningkatkan karir dosen baik berupa pelayanan peningkatan jabatan dosen maupun peningkatan jenjang pendidikan dosen. Kemudian kinerja penelitian dan publikasi yang dilakukan dosen. “Dengan meningkatnya kinerja kelembagaan, akreditasi prodi naik, penelitian dan publikasi dosen semakin banyak, dan dosen-dosen yang  telah S3 semakin meningkat sehingga itu menjadi indicator  penilaian tersebut” Jelasnya.

Kedepan Rektor berharap dengan semakin meningkatnya kinerja kelembagaan dan tata Kelola universitas maka peringkat UMB bisa naik menjadi yang pertama di lingkungan LLDIKTI Wilayah II. “Saya berharap kedepannya UMB bisa naik peringkat menjadi satu dan saya berharap kepada semua pihak dosen, karyawan, mahasiswa, alumni, dan stakeholder lainnya, bisa mendukung bekerjasama sehingga menjadikan UMB semakin besar,” tutupnya. (humas)