Prodi Kesehatan Masyarakat Raih Akreditasi “Baik Sekali” Pertama di Bengkulu

Program Studi  Kesehatan Masyarakat (Prodi. Kesmas) Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) berhasil meraih nilai “Baik Sekali” dalam kegiatan Asessmen Lapangan Daring Akreditasi yang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) pada bulan lalu (10/3). Hasil tersebut sebagaimana tertuang dalam SK nomor : 0086/LAM-PTKes/Akr/Sar/III/2021 tentang Status, Nilai dan Peringkat Akreditasi Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan UMB.

Demikian dijelaskan Ka.Prodi Kesmas, Bintang Agustina Pratiwi, SKM., MKM belum lama ini diruang kerjanya. “Kegiatan asesesmen tersebut berlangsung selama 3 hari pada tanggal 8 – 10 maret lalu berjalan dengan baik dan lancar,” jelasnya. Lebih lanjut Bintang mengatakan Asessmen Lapangan Daring dilakukan mengingat kondisi masa pandemi covid-19 dengan 2 orang asesor penilai yaitu, Dr. dra. Dewi Susanna, M.Kes (Universitas Indonesia) dan Dr. Kholis Ernawati, S.Si., M.Kes (Universitas YARSI).

“Ada Sembilan kriteria yang dilakukan dalam penilaian asessmen tersebut, yaitu Visi, Misi, Tujuan dan Tata Nilai,Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerja Sama, Mahasiswa, Sumber Daya Manusia, Keuangan, Sarana dan Prasarana, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Luaran,” tambahnya.

Dekan Fikes, Dr. Eva Oktavidiati, M.Si saat ditemui diruang kerjanya kampus IV belum lama ini mengungkapkan rasa syukurnya atas hasil akreditasi yang diraih prodi kesmas. Hal ini menurutnya sebagai wujud dari pengakuan terhadap apa yang dilakukan oleh Prodi Kesmas. Ia juga mengatakan dengan adanya perubahan borang 9 kriteria memungkinkan kinerja dosen, tenaga kependidikan dapat dinilai secara maksimal dengan melibatkan proses penjaminan mutu didalamnya.

Lebih lanjut ia berharap kedepan Prodi Kesmas dapat meraih peringkat akreditasi unggul pada akreditasi selanjutnya. “Kita berharap untuk selanjutnya prodi kesmas bisa meningkatkan pada hasil atau nilai unggul,” harapnya.

Sementara itu Rektor UMB, Dr. Sakroni, M.Pd memberikan apresiasi yang tinggi atas raihan nilai akreditasi yang didapatkan Prodi. Kesmas dengan nilai “Baik Sekali” dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan beberapa waktu lalu. “Atas nama seluruh civitas akademika UMB mengucapkan selamat kepada prodi kesmas atas hasil akreditasi dengan nilai Baik Sekali,” tuturnya.

Rektor berharap hasil akreditasi ini tidak membuat terlena dan berada posisi itu selamanya, namun agar terus ditingkatkan dengan kerja keras dan semangat tinggi untuk capaian nilai unggul.(humas)