Semarakkan Ramadhan, UM Bengkulu Gelar Syi’ar Ramadhan Sesuai Prokes

Dalam rangka menyemarakkan bulan suci ramadhan 1442 Hijriah, Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) menggelar kegiatan syi’ar ramadhan yang berisikan beberapa rangkaian kegiatan baik berupa perlombaan, pengajian, dan kegiatan sosial. Rangkaian kegiatan ramadhan yang diselenggarakan tersebut diadakan sesuai dengan protokol kesehatan dikarenakan kondisi wabah covid 19 yang masih melanda di seluruh dunia, indonesia, khususnya provinsi Bengkulu.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Syi’ar Ramadhan, Dedi Nopriadi, M.Pd.I saat ditemui belum lama ini di ruang kerjanya (23/4). “Walaupun dalam keadaan kondisi covid kita (UMB) tetap mengadakan beberapa kegiatan dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan, tetapi pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya. Kegiatan syi’ar ramadhan tahun ini tidak terlalu berbeda dengan tahun lalu hanya ada penambahan lomba yang dikhususkan untuk mahasiswa. Kegiatan tersebut antara lain Workshop Khutbah dan ceramah bagi dosen dan karyawan, Dialog dan Podcast Ramadhan di Radio Jazirah, Peringatan Nuzul Qur’an Online, Santunan dhu’afa, dan lomba-lomba bagi mahasiswa.

“Dialog dan Podcast ramadhan di radio jazirah kita laksanakan setiap sore selama ramadhan, untuk peringatan nuzul qur’an dibuat secara online melalui zoom video, sedangkan santunan dhu’afa akan kita laksanakan 10 hari terakhir ramadhan,” tambahnya. Untuk santunan dhu’afa berjumlah 100 orang merupakan masyarakat kurang mampu disekitar kampus maupun petugas kebersihan kampus beserta keluarga.

Sedangkan lomba-lomba yang diadakan dalam kegiatan syi’ar ramadhan adalah lomba pop religi, kultum, Fotograpy, dan MTQ yang diperuntukkan untuk mahasiswa dengan teknis pelaksanaan keseluruhan secara online bertujuan untuk ajang kreatifitas mahasiswa sekaligus menjaring mahasiswa berbakat yang nantinya untuk diikutsertakan dalam berbagai lomba ditingkat nasional mewakili UMB. (humas)